Find Us On Social Media :

Bukan Lagi Logam, Bodi Kaca akan Jadi Tren Ponsel Pintar di Masa Depan

By Adam Rizal, Senin, 15 Oktober 2018 | 12:00 WIB

Samsung Galaxy S9 Plus

Ponsel dengan material kaca pada bagian punggung diprediksi akan semakin marak beredar di pasar. Bahkan para analis meramalkan tren ini akan semakin digandrungi sampai 2020 mendatang.

Menurut penelitian Counterpoint Research, pada 2020 mendatang setidaknya 60 persen dari smartphone yang dijual di pasar akan menggunakan material kaca sebagai pelapis bagian belakang.

Hal ini dikarenakan bahan kaca mampu membuat nuansa perangkat terlihat lebih elegan, kokoh, danpremium, sehingga menaikkan nilai jual ponsel tersebut.

"Hampir semua smartphone premium yang diluncurkan pada 2018 hadir dengan material kaca. Tren ini akan bertahan sampai akhir tahun dan seterusnya," ungkap Tarun Pathak, Associate Director Counterpoint.

Menurut perusahaan riset yang berbasis di Hong Kong ini, saat ini jumlah ponsel dengan material kaca baru mencapai 26 persen dari seluruh segmen. Sedangkan khusus untuk segmen premium, angkanya mencapai 80 persen.

Selain karena membuat tampilan lebih cantik, para analis mengatakan tren material kaca ini juga akan didongkrak oleh hadirnya teknologi pengisian daya nirkabel (wireless charging).

Berbeda dengan logam dan plastik, lapisan kaca dapat menghantarkan daya lebih besar dan efektif. "Logam tidak mendukung pengisian nirkabel seefektif kaca belakang. Namun adopsi teknologi ini masih relatif rendah," lanjut Pathak.

Dari sisi teknis, material kaca juga dipercaya dapat meminimalisasi gangguan sinyal atau gelombang radio.

Sehingga ponsel dengan lapisan kaca dapat menerima sinyal LTE, WiFi dan Bluetooth lebih kuat ketimbang ponsel dengan material logam dan plastik.

Saat ini menurut Counterpoint, Apple masih menjadi produsen yang paling banyak memproduksi ponsel dengan material kaca.

64 persen dari ponsel milik Apple sudah dilapisi kaca pada bagian belakang. Kemudian Samsung mengekor di posisi kedua dengan angka 36 persen seperti dikutip Gadgetsnow.

Beberapa vendor asal China seperti Huawei, Honor, Vivo dan Oppo juga mulai menggunakan material kaca pada seri flagship masing-masing.