Find Us On Social Media :

Smart City Muara Enim : Wujudkan Ekonomi Merakyat di Muara Enim

By Adam Rizal, Rabu, 24 Oktober 2018 | 08:14 WIB

Bupati Muara Enim Ahmad Yani

Perekonomian kabupaten Muara Enim sedang tumbuh pesat dan menjadi urat nadi pertumbuhan perekonomian Sumatera Selatan, mengingat posisi Muara Enim yang berada di tengah-tengah menghubungkan kota Palembang dengan Kabupaten Lahat dan Lubuk Linggau.

Kabupaten Muara Enim pun termasuk kabupaten dengan pendapatan terbesar ketiga di Sumatera Selatan setelah Palembang dan Musi Banyuasin.

Dengan prospek ekonomi yang besar, bupati Muara Enim terpilih Ahmad Yani bergegas menggunakan solusi smart city untuk mendorong perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Muara Enim.

Ahmad Yani (Bupati Muara Enim) mengatakan ia akan memajukan kabupaten muara enim ke arah yang lebih baik dan membangun masyarakat kabupaten muara enim yang agamis berdaya saing mandiri. Misinya, ia akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa cerdas dan mandiri.

"Saya sangat senang Kabupaten Muara Enim terpilih sebagai salah satu gerakan 100 kab/kota menuju Smart City. Dorongan revolusi digital akan mempercepat pelaksanaan pembagunan daerah dan smart city menjadi konsep yang paling banyak dipilih oleh kepala daerah di sumsel termasuk Muara Enim," ujarnya di Kantor Bupati Muara Enim.

Yani mengatakan pemerintah kabupaten Muara Enim harus mengadopsi solusi smart city karena pemanfataakan teknologi informasi akan memudahkan pelayanan publik semakin cepat dan transparan.

"Saat ini 82 persen wilayah Muara Enim sudah menggunakan broadband access dan jaringan 4G/3G, akses Internet terpusat, jaringan antar daerah dan 62 internal hotspot dan 10 hotspot publik data center, kami memiliki kurang lebih 50 aplikasi aktif yang terintegrasi dengan data," ujarnya.

Yani sadar kekuatan smart city di Muara Enim harus ditunjang dengan pembangunan infrastruktur yang kuat. Karena itu, ia akan menambah jaringan fiber optik guna mendukung jaringan Internet di Muara Enim.

"Pemerintah juga akan mendukung akses Internet publik berupa penambahan hotsport WiFi gratis lebih banyak di ruang-ruang pubik baik," ujarnya.

Bupati Muara Enim Ahmad Yani (tengah) beserta staf dan pembimbing teknis Smart City siap mewujudkan smart city di Muara Enim

Pemkab Muara Enim berkomitmen kuat mewujudkan smart city di Muara Enim karena teknologi digitial memiliki peran penting dan dapat mengubah dunia bisnis pekerjaan dan pemerintahan.

"Teknologi menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas hidup. Kesuksesan smart branding membutuhkan peran teknologi informasi dan komunikasi untuk mempromosikan dan memperkenalkan potensi wisata wisata yang ada di Muara Enim," ujarnya.