Find Us On Social Media :

Smart City Muara Enim : Jangan Ke Muara Enim, Sebelum Download Mance

By Adam Rizal, Rabu, 24 Oktober 2018 | 11:23 WIB

Ardian Arifanardi (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muara Enim)

Daerah Muara Enim, Sumatera Selatan menyimpang keindahan alam yang indah dan asri dan mengundang para wisatawan bergerak untuk datang berkunjung.

Apalagi, pertumbuhan perekonomian Muara Enim yang terus menggeliat dengan komitmen pemerintah kabupaten Muara Enim yang terus memperbaiki dan menambah sarana prasarana infrastruktur daerah.

Tentunya, masyarakat Muara Enim dan Indonesia bahkan turis mancanegara membutuhakn informasi terkini, terpercaya dan terakurat tentang Muara Enim.

Karena itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Muara Enim akan meluncurkan aplikasi informatif Mance yang akan mengupas tuntas segala beluk Muara Enim dari tempat penginapan hingga jumlah penduduk Muara Enim.

"Aplikasi Mance ini akan memberikan berbagai macam informasi penting dan menarik seputar Muara Enim, baik dari informasi tempat wisata, tempat kuliner, daftar hotel di Muara Enim dan berita-berita akurat seputar Muara Enim," kata Ardian Arifanardi (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muara Enim) di Muara Enim, Rabu.

Nama Mance sendiri berupa singkatan yaitu Muara Enim Center. Namun, nama Mane berasal dari bahasa setempat yang berarti "nongkrong sambil bergosip" di gubuk pematang sawah. Nama gubuk di pematang sawah di Muara Enim bernama Pance.

"Daripada ngegosip dan tidak produktif, alangkah baiknya ngobrol atau membaca yang bermanfaat di aplikasi Mance," ujarnya.

Konsep Mance pun berbeda dengan Wikipedia yang menampilkan informasi karena Wikipedia sifatnya statis tetapi Mance lebih reaktif karena para pengguna juga bisa melaporkan dan bertanya tentang Muara Enim. Selain itu, aplikasi Mance seperti One Stop Information tentang Muara Enim

Hebatnya, aplikasi Mance dibuat dan dikembangkan sendiri oleh Dinas Kominfo Muara Enim tanpa bantuan para vendor.

Ardi mengatakan aplikasi Mance merupakan bagian smart branding di Muara Enim karena kehadiran Mance dapat meningkatkan brand awareness masyarakat dengan kabupaten Muara Enim.

"Dalam pengembangannya, masyarakat dan turis bisa melaporkan atau bertanya segala sesuatu lewat Mance," ujarnya.

"Mance ini bisa menjadi penghubung atau membangun kedekatan Bupati dengan warga setempat," ucapnya.