Find Us On Social Media :

Canon PIXMA TS5170: Kemudahan Cetak dan Pindai dari Smartphone

By Dayu Akbar, Kamis, 25 Oktober 2018 | 15:30 WIB

Salah satu perangkat multifungsi besutan Canon yang bidik penggunaan pribadi maupun kantor dengan skala kecil adalah Canon PIXMA TS5170. Perangkat ini bisa melakukan fungsi sebagai printer, copier, scanner, serta mendukung koneksi kabel maupun nirkabel.

Tidak hanya untuk kebutuhan cetak dokumen, PIXMA TS5170 juga cocok bagi pengguna yang ingin cetak foto dengan kualitas terbaik. Ini dikarenakan multifungsi ini memanfaatkan teknologi FINE (Full-photolithography Inkjet Nozzle) yang menghasilkan kualitas cetak yang tajam. PIXMA TS5170 dipersenjatai dengan dua tinta yang terdiri dari cartridge PG740 Black & CL741 Colour. Canon merancang agar pemasangan cartridge alias tangki dari tinta bisa dilakukan secara mudah. Anda tinggal membuka penutup kompartemen setiap penampung cartridge dan memasang cartridge sesuai dengan posisinya.

Pengendalian bisa dilakukan melalui control panel yang berada di depan. Control panel ini harus ditekuk ke posisi menghadap atas agar mudah dipandang. Dengan menyertakan LCD warna berukuran 2,5 inci, pengguna bisa menjalankan fungsi serta pengaturan yang ada. Karena bukan merupakan layar sentuh, navigasi dilakukan melalui tombol yang tersedia di sebelahnya.

Untuk menampung kertas, tersedia baki belakang yang lebih diutamakan untuk menampung kertas foto serta tray bagian depan. Keduanya masing-masing mampu menampung sampai 100 lembar kertas. Sementara untuk memindai dan menggandakan dokumen, dilakukan dari flatbed.

Bidik pengguna yang juga ingin mencetak foto secara mudah, Canon TS5170 ini mendukung fitur cetak langsung dari perangkat mobile berbasis iOS dan Android. Menariknya, koneksi yang bisa digunakan adalah Wi-Fi dan Bluetooth. Ini membuatnya tidak perlu direpotkan dengan koneksi melalui jaringan yang memiliki konfigurasi lebih rumit. Namun pengguna mesti mengunduh terlebih dahulu aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY yang bisa didapat dari App Store maupun Google Play.

Aplikasi ini menawarkan fungsi yang cukup beragam. Melalui aplikasi pengguna tidak hanya bisa melakukan cetak dokumen atau foto secara nirkabel, tetapi juga terdapat fungsi seperti memindai. Nantinya hasil pemindaian bisa langsung tersimpan di smartphone. Pengguna juga bisa melakukan perintah penggandaan langsung dari smartphone. Bahkan, pengguna bisa memotret foto atau dokumen dari smartphone dan secara langsung mencetaknya di PIXMA TS5170.

Sebagai pendukung, Canon menyertakan aplikasi My Image Garden, Easy-PhotoPrint+, dan Creative Park Premium, untuk memudahkan pengguna mencetak foto dengan berbagai tampilan seperti kolase, kartu ucapan, sampai kalender.

Melihat kecepatan cetaknya, multifungsi keluaran Canon ini memang sedikit lebih gegas dibanding perangkat inkjet yang pernah kami uji. Begitu pula dengan kemampuan menggandakan dokumen sampai memindai dengan resolusi berbeda.

Dari sisi kualitas cetak, warna yang ditampilkan terlihat lebih pekat dari aslinya. Untuk pencetakan foto, pengguna harus sedikit melakukan pengaturan agar hasil warna yang diperoleh bisa sesuai dengan aslinya. Yang kami sukai adalah hasil cetak dengan warna gradasi yang terlihat halus dan merata. Ini membuatnya juga cocok untuk mencetak dokumen yang menyertakan gambar ataupun grafik.

Canon PIXMA TS5170 dipersenjatai dengan dua cartridge/tangki tinta yang terdiri dari hitam dan warna (cyan, yellow, magenta). Cartridge ini tersedia dalam pilihan kapasitas standar maupun XL (kapasitas tinggi).

 

Aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY tidak berfungsi untuk mencetak dari smartphone saja, tetapi juga untuk memindai, menggandakan, serta terhubung ke cloud.