Find Us On Social Media :

Begini Proses Pembuatan Ponsel Pintar Oppo di Pabrik Oppo di Tiongkok

By Adam Rizal, Minggu, 28 Oktober 2018 | 14:00 WIB

Ilustrasi pabrik ponsel pintar Oppo di Tiongkok

Di gedung seluas 200.000 meter persegi, Oppo membuat semua perangkat ponselnya mulai dari nol.

Meski seluruh prosesnya menggunakan mesin, prosesnya tak singkat, karena mesti melewati tahap quality control yang bahkan dilakukan berhari-hari.

Pabrik yang terletak di wilayah Dongguan, Guangdong China ini mempekerjakan sekitar 10.000 orang untuk segala bidang.

Masuk ke dalam, pabrik ini cukup berbeda karena memiliki area terbuka hijau yang luasnya mencapai 50.104 meter persegi.

Pada tahap pertama kami diperlihatkan bagaimana komponen motherboard ponsel dibuat. Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto yang juga turut dalam rombongan, ada 7 line dalam memproduksi motherboard ini.

Satu line diperkirakan dapat memproduksi 10.000 unit motherboard dalam waktu satu hari.

Sehingga jika di hitung, ada sekitar lebih dari 70.000 motherboard dibuat per hari. Jumlah itu belum termasuk line produksi di gedung lain.

"Sekitar 10.000 per line, itu baru satu gedung, belum dihitung gedung lain," ungkap Aryo.

Motherboard yang telah dibuat kemudian harus melewati beberapa tahap pengujian. Pengujian itu antara lain adalah uji software, wifi, antena sinyal, dll.

Jika ada satu komponen yang dinyatakan gagal, maka satu line produksi akan diulang proses pembuatannya karena untuk pengujian ini, diambil masing-masing satu sample dari satu line produksi.

Sayangnya, rombongan wartawan dari Asia Tenggara tidak diperlihatkan proses lain secara detail. Setelah melihat pembuatan motherboard, rombongan diajak melihat proses quality control.

Ada beberapa tahap yang harus dilewati ponsel pada proses ini. Seperti dijatuhkan dari berbagai tingkat ketinggian, hingga diuji untuk dibengkokkan.