Find Us On Social Media :

Investasi Baru ini Bikin Nilai Valuasi Go-Jek Tembus Rp137 Triliun

By Adam Rizal, Rabu, 31 Oktober 2018 | 12:00 WIB

GO-JEK

Go-Jek diprediksi bakal kembali memperoleh guyuran dana segar, kali ini angkanya disebutkan mencapai 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 18,2 triliun.

Sebagian besar dana kabarnya berasal dari para investor lama Go-Jek, termasuk Google, Tencent, dan JD.com yang berminat meningkatkan investasi mereka di Go-Jek.

Dalam beberapa bulan belakangan, Go-Jek dilaporkan sudah terlibat pembicaraan dengan para calon penanam modal untuk sesi pendanaan terbaru itu. Proses negosiasi disinyalir akan segera rampung dalam waktu dekat.

Namun, periode funding round sampai saat ini masih dibuka. Artinya, jumlah dana yang  dikumpulkan Go-Jek masih bisa meningkat apabila ada investor lain yang masuk. Boleh jadi angka akhirnya nanti menyentuh kisaran 1,5 miliar dollar AS atau lebih.

Sumber dalam yang mengetahui informasi ini mengatakan bahwa nilai valuasi Go-Jek bisa naik dua kali lipat mendekati angka 9 miliar dollar AS (sekitar Rp 137 triliun) seperti dikutip The Information.

Pada putaran pendanaan sebelumnya yang ditutup awal tahun 2018 lalu, Go-Jek mendapatkan valuasi sebesar 4,8 miliar dollar AS.

Panen Investasi

Sementara itu, rival berat Go-Jek, Grab, pada awal bulan ini dikabarkan bakal memperoleh suntikan dana 500 juta dollar AS dari salah satu investor besarnya, Softbank.

Pada awal 2018, Grab menggelar funding round yang disokong oleh pabrikan mobil Toyota. Ketika itu, valuasi Grab kabarnya sudah menembus angka 10 miliar dollar AS. Kompetisi Go-Jek dan Grab di Asia Tenggara semakin ketat.

Di Indonesia, yang menjadi markas besar Go-Jek, Grab menambah investasinya. Di saat yang bersamaan, Go-Jek semakin memperluas ekspansinya di Asia Tenggara ke negara-negara yang telah lebih dulu digarap oleh Grab.

Yang terbaru, Go-Jek dikabarkan telah membuka pendaftaran driver di Singapura dan Thailand.

Go-Jek telah resmi beroperasi di Vietnam dengan nama Go-Viet lewat acara peresmian yang digelar bulan lalu.