Find Us On Social Media :

Inilah Pertolongan Pertama Jika Akun Instagram Anda Diretas Hacker

By Adam Rizal, Sabtu, 3 November 2018 | 18:43 WIB

Ilustrasi Instagram

Serangan siber memang tidak melihat status dan usia Anda termasuk membobol akun media sosial Anda.

Bahkan, Facebook sudah sering kali melaporkan kasus pembobolan akun penggunanya.

Tak hanya Facebook, akun Instagram pun bisa dibobol seperti yang dialami fashion blogger asal Rusia Olia Kedik atau dikenal dengan nama Olia Moda (@oliamoda), yang akun Instagram-nya dihack pada awal Agustus 2018.

Hacker meminta tebusan sebesar USD 350 atau sekitar Rp 5,2 juta kepada Olia Moda.

"Saya mencoba menghubungi pelaku dan menegonya untuk mengirimkan uang lewat Western Union, bukan Bitcoin. Saya berharap akun saya bisa cepat kembali, tapi nihil. Hacker tersebut tidak mengembalikan akun saya," ujarnya seperti dikutip Euro News.

Instagram telah beberapa metode supaya para pengguna mendapatkan kembali akun mereka yang dihack.

"Kami menggunakan teknologi canggih untuk mendeteksi ketika sebuah akun dihack dan memberi notifikasi pada pengguna," kata Instagram.

Instagram pun menyarankan pengguna untuk memilih password yang kuat dan unik yaitu terdiri dari enam karakter yang merupakan kombinasi angka, huruf dan tanda baca. Selain password, pengguna bisa bisa mengaktifkan fitur two-factor authentication.

Selalu mengecek ulang ketika mengakses halaman informasi personal juga tidak kalah penting. Pastikan bahwa tautan yang diakses memang merupakan link resmi dari Instagram.

Instagram memastikan akan mematikan akses ke akun tersebut hingga pemiliknya melapor dan diproses untuk dikembalikan. Berikut, beberapa langkah jika kita kehilangan akses ke akun Instagram sendiri.

Langkah 1

Di dalam aplikasi Instagram, masukkan username dan pilih 'Forgot password?'.