Find Us On Social Media :

Jangan Dulu Update Apple iOS 12.1 !, Inilah Segudang Masalahnya

By Adam Rizal, Senin, 5 November 2018 | 17:08 WIB

Apple resmi meluncurkan sistem operasi terbaru iOS 12 dalam konferensi pengembang tahunan Apple Worl

Apple baru saja meluncurkan update terbarunya iOS 12.1 untuk beberapa perangkat Apple.

Sayangnya, peniliti keamanan Jose Rodriguez mengungkapkan update terbaru iOS 12.1 memiliki segudang masalah celah keamanan yang sangat serius.

Pembaruan iOS 12.1 memiliki kerentanan keamanan di fitur lockscreen yang memungkinkan orang lain dapat membuka perangkat iPhone meski sedang terkunci sehingga dapat terjadi kebocoran data keamanan.

Cara kerjanya, orang lain dapat membuka iPhone Anda dengan memanfaatkan Siri. Begitu panggilan terhubung, ubah menjadi panggilan video FaceTime dan tekan 'tambah kontak'.

Setelah itu, iPhone Anda akan menampilkan daftar seluruh kontak termasuk alamat hingga nomor telepon orang lain dapat dicuri.

Untungnya, celah keamanan itu hanya berlaku di iOS 12.1 dan tidak berlaku di versi lainnya seperti dikutip Forbes.

Tak hanya keamanan, sejumlah laporan pengguna juga menyebut iOS 12.1 masih memiliki masalah lain, seperti grafis yang tidak stabil, masalah Wi-Fi, dan daya tahan baterai yang menurun.

Fitur-fitur iOS 12

Apple pertama kali memperkenalkan sistem operasi tersebut pada Juni lalu, di ajang kumpul developer WWDC 2018. Pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch, yang saat ini menggunakan iOS 11 bisa segera upgrade ke iOS 12.

Secara spesifik, sistem operasi teranyar tersedia untuk pengguna iPhone 5S ke atas, iPad Mini 2 ke atas, dan iPod Touch terakhir. Peningkatan yang dibawa iOS 12 diklaim cukup signifikan, bisa dirasakan ketika membuka keyboard, membidik foto, atau sekadar membagikan sheet.

Apple juga menyematkan mode “Screen Time” yang membantu pengguna mengontrol durasi penggunaan aplikasi atau menggunakan ponsel. “iOS 12 membawa peningkatan performa dan fitur-fitur menarik untuk iPhone dan iPad,” begitu tertera pada keterangan resmi Apple.

Apa saja yang baru? Berikut penjabarannya.