Find Us On Social Media :

Gara-gara ini Pendiri Apple Ragu Mobil Tanpa Sopir Bisa Terwujud

By Adam Rizal, Kamis, 15 November 2018 | 14:00 WIB

Steve Wozniak (Pendiri Apple)

Saat ini pabrikan mobil berlomba-lomba mengembangkan mobil tanpa sopir yang akan menjadi mobil masa depan di dunia.

Namun, salah satu pendiri Apple Steve Wozniak tidak yakin mobil tanpa sopir itu bisa jadi kenyataan.

Meskipun, ia sebelumnya berharap Apple menjadi perusahaan pertama yang menjualnya.

"Saya tidak percaya pada mobil tanpa sopir dan saya tidak yakin mobil itu bisa terwujud saat ini," kata Wozniak seperti dikutip CNBC.

Wozniak beralasan kualitas jalan raya yang ada saat ini tidak siap untuk dilalui oleh mobil tanpa sopir.

"Jalan raya yang dibangun oleh manusia tidak sempurna. Berbeda bahkan 'tidak sebaik dengan alam dan matematika," ucapnya.

Meskipun tidak yakin denngan keberadaan mobil tanpa sopir, Wozniak mendukung pengembangan teknologi 'assistive driving' yang memungkinkan mobil dapat melihat lampu merah, rambu-rambu berhenti, dan menghindari kecelakaan.

Ia sendiri memiliki mobil Tesla yang mempunyai fitur Autopilot. Wozniak menilai kehadiran fitur Autopilot tidak membut mobil bisa menyetir sendiri.

"Tesla membuat banyak kesalahan. Ini benar-benar meyakinkan saya bahwa auto piloting dan mobil yang dikendarai secara otomatis tidak akan terjadi," pungkasnya.

Masalah Keamanan

Pembuatan mobil tanpa sopir pun membutuhkan sistem komputasi, teknologi dan sensor yang canggih untuk menggerakannya supaya tidak tertabrak.

Tentunya, kehadiran sistem komputasi pada mobil tanpa sopir dapat membuatnya menjadi sasaran empuk para hacker untuk meretas sistem keamanannya dan membahayakan nyawa si-pengemudi.