Transaksi belanja orang Indonesia saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11 meningkat cukup signifikan dibanding tahun lalu.
ShopBack mencatat peningkatan transaksi hingga 5 kali lipat dari segi penjualan dibanding periode yang sama tahun lalu.
ShopBack sendiri merupakan platform kurator e-Commerce yang bermitra dengan lebih dari 1500 mitra dagang, termasuk Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia, dan Bukalapak.
Indra Yonathan (Country Head of ShopBack Indonesia) mengatakan transaksi belanja Harbolnas 11.11 yang meroket mencerminkan optimisme para pelaku e-Commerce di Indonesia untuk Harbolnas.
"11 November lalu merupakan ajang pemanasan para e-commerce sebelum puncak pesta belanja online terbesar di Indonesia, Harbolnas, yang berlangsung pada 12 Desember mendatang," katanya.
Berdasarkan data ShopBack, rata-rata belanja perpelanggan pada 11 November lalu senilai Rp 840.177 atau naik sekitar 63 persen dibanding tahun lalu.
Data yang sama juga menunjukkan tiga platform e-commerce yang populer selama festival belanja online ini adalah Shopee, Lazada dan Blibli.
"Peningkatan nilai penjualan ini pun menunjukkan ketertarikan masyarakat Indonesia akan pesta belanja online semakin besar," ujar Indranya.
Adapun waktu yang paling sering dikunjungi pengguna untuk berbelanja pada hari tersebut adalah 09:00- 11:00 pagi dan 11:00-12:00 malam.
Sementara itu, kategori produk yang paling banyak dicari pada festival belanja 11 November lalu, meliputi: fesyen, travel, kecantikan dan kesehatan, peralatan rumah tangga dan juga groceries.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR