Grab hari ini memperkenalkan dua layanan terbaru dari GrabExpress yaitu GrabExpress Car dan fitur GrabExpress Nalangin, untuk mendukung pertumbuhan bisnis wirausahawan mikro di Indonesia melalui penyediaan layanan pengiriman barang yang semakin mudah, cepat, dan nyaman.
Pelanggan dan merchant kini memiliki pilihan baru yang dapat mengakomodir kebutuhan mereka, khususnya untuk jumlah pengantaran yang lebih banyak dan jarak yang lebih jauh.
Kehadiran dua inovasi ini melengkapi layanan GrabExpress yang telah melayani kebutuhan harian masyarakat sebagai langkah Grab untuk menjadi everyday superapp dengan layanan kurir instan dengan armada sepeda motor dan mobil.
Berdasarkan riset yang dilakukan Google & Temasek, peluang pertumbuhan bisnis e-commerce Indonesia diperkirakan mencapai 52 persen dari total peluang e-commerce di seluruh Asia Tenggara dengan pertumbuhan 39 persen pertahun mencapai USD 46 miliar pada 2025.
Pesatnya pertumbuhan ini berbanding lurus dengan meningkatnya peluang perkembangan layanan pengiriman barang yang aman, nyaman, dan terpercaya.
Perkembangan ekonomi digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan bisnis UMKM diperkirakan akan tumbuh dua kali lipat setelah beralih ke platform pemasaran online.
Ridzki Kramadibrata (Managing Director Grab Indonesia) menyatakan peluncuran fitur dan layanan GrabExpress Car dan fitur GrabExpress Nalangin menggarisbawahi keunggulan teknologi yang dimiliki Grab dan kemampuan Grab dalam menyediakan solusi lokal yang sukses menjawab tantangan yang dihadapi para pengguna di Tanah Air, termasuk kebutuhan wirausahawan mikro di Indonesia yang terus berkembang.
"Kehadiran inovasi terbaru kami ini mendukung komitmen berkelanjutan Grab untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia sebagai kekuatan Indonesia di masa depan," ujarnya.
Sebagai langkah awal, layanan GrabExpress Car hadir bagi pelanggan di Jabodetabek yang kini dapat mengirimkan lebih banyak barang dalam kapasitas besar, hingga ke lima destinasi dalam satu kali pemesanan. GrabExpress Car memberikan keuntungan bagi para pengguna untuk kemudahan melakukan pengiriman barang:
Berikut keunggulan GrabExpress
- Lebih banyak barang: Layanan ini mampu mengirimkan barang dengan kapasitas besar (hingga 150 kilogram) dalam sekali pemesanan yang didukung dengan armada GrabCar.
- Lebih banyak destinasi dengan fitur multi stop: Pelanggan dapat mengirimkan lebih banyak barang hingga ke 5 destinasi dalam satu kali pemesanan.
- Pengiriman instan: Pengiriman dan penerimaan barang dilakukan pada hari yang sama dengan ketersediaan armada GrabCar yang memadai.
- Jaminan keamanan: Pengiriman barang kini lebih aman dengan adanya asuransi barang, bukti pengiriman, dan fitur pelacakan kiriman.
- Tarif terjangkau: Tarif antar barang hemat, mulai dari Rp16.000 untuk pengantaran di wilayah Jabodetabek, serta potongan harga khusus bagi pengguna GrabExpress baru.
Grab juga memperkenalkan layanan GrabExpress Nalangin, sebuah layanan Cash on Delivery (COD) dengan armada sepeda motor, yang memungkinkan pengguna – dalam hal ini wirausahawan mikro di wilayah Jakarta – untuk mengirimkan produknya ke pembeli dengan biaya pembelian produk yang ditanggung terlebih dahulu oleh mitra pengemudi.
Pengguna dapat mengakses layanan GrabExpress Nalangin secara mudah melalui beberapa tahapan berikut:
- Pengguna memesan layanan GrabExpress (Nalangin) dalam satu sentuhan yang berada pada tab “Delivery” atau “Pengantaran” di aplikasi Grab.
- Mitra pengemudi menuju lokasi pengambilan produk dan membayarkan biaya pembelian produk terlebih dahulu ke pengguna dengan maksimal nominal sebesar Rp200.000.
- Mitra pengemudi mengirimkan produk ke lokasi pengiriman dengan maksimum radius 30km di wilayah Jakarta.
- Pembeli menerima produk dan membayarkan biaya pembelian produk & biaya pengiriman secara tunai kepada mitra pengemudi.
Dalam tahap uji coba, layanan GrabExpress Nalangin akan tersedia secara eksklusif bagi merchant yang melakukan pengiriman secara aktif dalam 3 bulan terakhir.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR