Moka, startup penyedia layanan Point of Sale, meluncurkan kegiatan berbasis edukasi teknologi digital untuk UKM bertajuk A Cup of Moka (ACOM). ACOM fokus pada penyelenggaraan lokakarya tatap muka berisi edukasi bisnis untuk komunitas dan UKM di berbagai kota di Indonesia.
Melalui A Cup of Moka (ACOM), Moka menginisiasi sebuah wadah yang mempertemukan para pelaku UKM dengan para ahli di bidang yang berkaitan dengan pengembangan UKM untuk dapat meningkatkan daya saing dan kreativitas, serta memiliki tingkat kompetisi yang setara dengan bisnis besar lainnya.
Inisiasi A Cup of Moka (ACOM) bertujuan untuk memberikan dua manfaat utama bagi pelaku UKM. Pertama, melalui konten edukatif berisi materi data-driven yang terbagi menjadi dua topik utama, yaitu business practice dan business inspiration di mana A Cup of Moka (ACOM) memadukan antara ilmu praktikal dan inspirasi bisnis dalam mengembangkan usaha. Mulai dari ilmu pemasaran UKM, manajemen keuangan, manajemen operasional, penggunaan sosial media untuk UKM, hingga berbagi ilmu dalam fotografi untuk bisnis.
Kedua, yaitu wadah kolaborasi di mana A Cup of Moka (ACOM) dapat menjadi medium bagi komunitas dan UKM yang ingin berkolaborasi langsung dengan program-program yang diadakan oleh A Cup of Moka (ACOM). Misalnya, untuk mempromosikan komunitas, networking, atau berpartisipasi dalam acara-acara komunitas UKM yang memiliki pesertanya sendiri.
Sebelumnya, A Cup of Moka (ACOM) telah menjalankan piloting program di 5 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, serta Bandung dan berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 200 pelaku UKM serta menggandeng puluhan mitra dari industri yang berbeda. Tentunya, A Cup of Moka (ACOM) terbuka untuk diikuti oleh bisnis dari industri dan entitas apapun selama tema yang dihadirkan relevan dan menarik bagi bisnis yang mereka geluti.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR