Titipku meraih Australia Awards Indonesia dalam program Short Term Award untuk Startup Ecosystems. Dengan prestasi ini, Titipku menjadi salah satu dari 25 peserta program yang berlangsung dari bulan Maret hingga Juli 2019 di Australia.
Australia Awards merupakan program beasiswa internasional bergengsi dan terbesar yang diadakan oleh Pemerintah Australia untuk seluruh negara sahabatnya. Short Term Awards adalah kategori baru Australia Awards di Indonesia, melengkapi Long Term Awards yang telah berjalan selama lebih dari 60 tahun. Di dalam kategori Short Term Award, terdapat program Startup Ecosystem yang mengajak wirausaha, inovator dan founder startup untuk belajar di Australia selama 5 bulan.
Startup Ecosystem Short Term Awards dari Australia Awards ini bertujuan untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan ekonomi digital di Indonesia, menciptakan komunitas startup yang kuat, digitalisasi pasar tradisional, dan menciptakan lebih banyak modal untuk startup di Indonesia.
Untuk mendapatkan Australia Awards in Indonesia Short Term – Startup Ecosystem 2019, Titipku harus melewati beberapa tahap seleksi dan bersaing dengan ribuan peserta. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk terpilih sebagai penerima Australia Awards in Indonesia Short Term – Startup Ecosystem 2019. Salah satu kriteria itu adalah startup harus memiliki dampak sosial, aplikatif, dan dapat menghubungkan Indonesia - Australia.
“Kami sangat bahagia bisa mendapatkan Australia Awards in Indonesia Short Term – Startup Ecosystem 2019 ini. Harapannya, setelah mengikuti program ini, Titipku dapat semakin berkembang dari segi fitur dan cakupannya sehingga kami mampu memajukan UMKM tidak hanya di Yogyakarta dan Jabodetabek, tapi di seluruh Indonesia bersama para generasi milenial Indonesia. Melalui Program Australia Award ini pula, saya harap produk UMKM Indonesia dapat dikenal hingga ke ranah Internasional,”Henri Suhardja, CEO Titipku, mengungkapkan harapannya.
Untungkan UMKM, Buka Peluang Usaha
Titipku adalah startup asal Yogyakarta yang memiliki visi membantu para pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM ) dan para pedagang tergabung dalam dunia digital melalui platform digital berbasis web dan aplikasi Titipku.
Di atas Platform Titipku, UMKM dan pedagang dapat dapat tidak hanya memberikan dan meningkatkan penghasilan UMKM dan pengguna, tetapi juga membuka lapangan kerja baru sebagai mitra Jatiper yang menyalurkan Dalam ekosistem Titipku terdapat UMKM dan pedangan, Penjelajah, Pembeli dan Jatiper. Tidak hanya memberikan dan meningkatkan penghasilan UMKM dan pengguna yang tergabung di aplikasi T
Mengedepankan fitur Jelajah pada aplikasi, Titipku berharap dapat menggandeng jutaan anak muda Indonesia untuk lebih peduli terhadap kemajuan UMKM. Sebagai Penjelajah, pengguna membuatkan toko online di platform Titipku untuk UMKM yang ada di sekitarnya.
Misi sosial Titipku ini telah didukung oleh kerjasama dengan berbagai kelembagaan, antara lain Bank Indonesia Yogyakarta, Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT) Yogyakarta, Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Yogyakarta, dan beberapa Universitas ternama di Yogyakarta. Hal inilah yang kemudian membuat Titipku unggul dan terpilih untuk mengikuti Program Australia Awards 2019.
Sampai saat ini, sudah lebih dari 800 anak muda ‘Penjelajah’ yang telah berkontribusi untuk membantu 6.000 UMKM atau pedagang kecil di seluruh Indonesia untuk go digital. UMKM yang dijelajah adalah 100 persen usaha asli Indonesia dan melalui platform Titipku, produk-produk UMKM atau pedagang kecil tersebut bisa dijangkau oleh calon pembelinya atau ‘Nitipers’ di seluruh Indonesia.
Tidak hanya itu, Titipku juga membuka lapangan pekerjaan baru sebagai mitra ‘Jatiper’ untuk menyalurkan barang dari UMKM ke konsumen dengan waktu yang fleksibel, mudah, aman, dan nyaman. Dengan adanya Titipku, diharapkan mampu memperkuat perekonomian Indonesia dengan UMKM yang semakin maju mengingat dari 63 juta UMKM yang ada di Indonesia, baru sepuluh persen yang go digital.
Versi terbaru aplikasi Titipku sudah dapat digunakan secara nasional (seluruh Indonesia) dan sudah digunakan lebih dari 15.000 pengguna. Untuk menjelajah UMKM dan mencari informasi lebih lanjut mengenai Titipku, silakan kunjungi www.titipku.com atau unduh aplikasi Titipku melalui Google PlayStore.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR