Solusi chatbot dan social CRM terintegrasi kelas enterprise, 3Dolphins membantu perusahaan melakukan transformasi digital melalui conversational services.
Rian Novianto (Business Development Director dan Co-Founder dari PT InMotion Inovasi Teknologi) mengatakan conversational services adalah metode menghantarkan layanan bisnis kepada pelanggan layaknya sebuah percakapan melalui penerapan Artificial Intelligence (AI) pada chatbot.
"Dengan conversational services ini, chatbot tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan atau menangani masalah yang dsampaikan pelanggan, seperti dalam customer support," ujarnya.
"Lebih jauh lagi, chatbot berperan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Ujungnya, perusahaan dapat memberikan customer experience yang lebih baik bagi pelanggannya," katanya di Jakarta.
3Dolphins mengembangkan kemampuan conversational services dalam solusi chatbot-nya ini berdasarkan kebutuhan unik di masing-masing industri.
Hal itu dikarenakan setiap industri memiliki proses bisnis, praktik terbaik, alur kerja dan basis pengetahuan yang berbeda-beda.
Level Enterprise
Chatbot mesti dibangun dengan teknologi Artificial Intelligence. Chatbot juga mesti tersedia di seluruh titik kontak dengan customer dan memiliki kemampuan untuk bekerja secara mulus dengan manusia.
Agar berjalan dengan baik, sistem chatbot mesti terintegrasi dengan proses bisnis internal perusahaan atau organisasi. Tidak ketinggalan, chatbot juga mesti memiliki level enterprise.
“Chatbot AI yang kami kembangkan yaitu 3Dolphins sudah digunakan oleh industri perbankan dan multifinance untuk melayani customer seperti memberikan penjelasan tentang produk, promosi, jadi customer support self-service, serta billing account management,” kata Rian.
Rian menegaskan khusus untuk perusahaan multifinance dan perbankan, solusi chatbot dan semua komponen AI-nya harus bisa diimplementasikan secara on-premise (dalam lingkungan internal perusahaan) sesuai dengan peraturan dari regulator.
“Solusi 3Dolphins sejak awal pengembangannya dibuat khusus untuk level enterprise seperti yang diterapkan oleh perusahaan multifinance dan perbankan,” ujar Rian.
Baca Juga : Fitur 3Dolphins Voice Responding Bot Dapat Berbicara Bahasa Inggris
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR