Riset ShopBack menunjukkan rata-rata warganet menghabiskan Rp1,2 juta untuk berbelanja online selama bulan Ramadan, berdasarkan data ShopBack dari Ramadan pada tahun 2018.
"Daya beli masyarakat pada Ramadhan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditunjukkan dengan rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan tahun lalu yang mencapai Rp1,2 juta, meningkat 74 persen dibanding tahun sebelumnya," kata Kepala Pengembangan Bisnis ShopBack Indonesia, Yolanda Margaretha.
Shopback melakukan survei terhadap lebih dari 6.500 responden di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar. Lebih dari separuh responden (53,5 persen) akan mengalokasikan seperempat bonus THR (Tunjangan Hari Raya) mereka untuk belanja online.
ShopBack melihat warganet bijak mengalokasikan THR mereka untuk berbelanja online sejak tahu 2017. Responden yang menghabiskan hanya seperempat dari THR untuk berbelanja online naik menjadi 53,5 persen dari 38 persen pada tahun 2017.
Promosi diskon dan uang kembalian (cashback) menjadi faktor utama responden mau belanja online saat Ramadan. Persentasenya mencapai 79,4 persen. Sementara, yang lainnya mempertimbangkan harga murah (8,4 persen) dan efisiensi (4,5 persen).
ShopBack memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan 2019 tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan 2018. Namun, mereka optimistis jumlah pemesanan dan nilai transaksi di platform mereka dapat naik sampai dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Cakrawala |
KOMENTAR