Setelah sukses melayani ribuan perjalanan setiap hari di enam bandar udara internasional di Indonesia sejak 2017 lalu, Grab kini meluncurkan layanan GrabCar Airport ketujuh di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Kerja sama strategis dengan PT Angkasa Pura I ini diharapkan dapat memperkuat akses transportasi bagi wisatawan maupun penduduk lokal, mengingat Makassar merupakan hub terbesar untuk Indonesia Timur yang melayani kepentingan bisnis maupun pariwisata.
Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menjadi bandara ketujuh di Indonesia yang memiliki titik penjemputan resmi dari Grab setelah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Bandar Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung, Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo, dan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.
Dalam sambutannya saat peluncuran, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah berharap kerjasama ini dapat memudahkan mobilitas yang juga akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.
Pada kesempatan yang sama, Ridzki Kramadibrata (President of Grab Indonesia) mengucapkan terima kasih atas kepercayaan PT Angkasa Pura I dan pemerintah kota Makassar dan berharap bahwa kehadiran layanan GrabCar Airport di Makassar dapat mendorong ekonomi lokal termasuk meningkatkan pendapatan mitra pengemudi Grab di Makassar.
Peresmian layanan Grab di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanudin Makassar ini juga menjadi salah satu bentuk nyata dukungan Grab kepada Kementerian Pariwisata melalui kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat yang diluncurkan Grab untuk mendukung program "‘Wonderful Indonesia" pada akhir tahun lalu.
Grab Airport menyediakan titik penjemputan resmi (Grab Pick-Up Point). Pengguna cukup memesan layanan GrabCar Airport langsung dari aplikasi Grab dan mengunjungi Grab Pick-Up Point untuk menunggu jemputan dengan tarif sesuai aplikasi.
Bagi pengguna jasa yang baru pertama kali ke Makassar, Grab menyediakan fitur Venues yang akan memberikan penumpang panduan visual (foto) dan teks untuk dapat menuju titik jemput terdekat dengan mereka, langsung dari aplikasi Grab.
Sementara itu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, Grab telah meluncurkan lima fitur keamanan bagi pengguna dan mitra pengemudi termasuk voice over internet protocol (VoIP) yang memberikan panggilan gratis dalam aplikasi Grab, verifikasi wajah penumpang dan mitra pengemudi untuk mengetahui identitas pengguna aplikasi melalui swafoto, bagikan perjalanan Anda (share my ride), dan tombol darurat (SOS Button), yang semuanya memungkinkan mitra pengemudi maupun penumpang melakukan mobilitas tanpa batas dan memberikan rasa tenang.
Ridzki berharap hingga akhir tahun, GrabCar Airport sudah dapat melayani belasan sampai puluhan bandar udara di seluruh Indonesia.
KOMENTAR