Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terus mengalami perkembangan. Apalagi, berbagai industri saat ini sudah banyak yang memanfaatkan AI demi membantu mendorong pertumbuhan bisnisnya.
Bukalapak, salah satu startup asal Tanah Air yang bergelar unicorn, sudah sejak lama mengembangkan dan mengimplementasikan AI di berbagai lini bisnis e-commerce-nya.
Ibrahim Arief selaku VP of Engineering, Bukalapak, mengatakan bahwa salah satu implementasi AI di Bukalapak adalah untuk mengembangkan sistem rekomendasi produk.
“Jika pelanggan melihat halaman aplikasi Bukalapak, akan ada daftar produk-produk yang direkomendasikan untuk mereka. Di sinilah AI membantu memberikan rekomendasi produk-produk secara otomatis sesuai preferensi pelanggan,” ujar Ibrahim.
Sampai sejauh ini, penerapan teknologi AI di Bukalapak sendiri sudah berdampak positif di berbagai aspek bisnis.
Beberapa di antaranya seperti membantu memberikan rekomendasi produk-produk yang lebih relevan ke pengguna, membantu menyaring gambar-gambar produk yang tidak aman untuk ditampilkan, dan sebagainya.
“Sebagai bentuk hasilnya, teknologi AI telah berkontribusi pada transaksi pembelian sebesar Rp300 milyar per bulan,” kata Ibrahim.
Melihat besarnya dampak positif yang dihasilkan teknologi AI, tim di Bukalapak pun terus melakukan pengembangan terhadap teknologi ini.
Diungkapkan Ibrahim, fokus pengembangan AI saat ini ada di empat domain utama, yaitu Recommender System, Computer Vision, Natural Language Processing (NLP), dan Scoring.
Namun demikian, dijelaskan bahwa pada dasarnya Bukalapak juga terbuka dengan domain apapun, selama dapat memenuhi kebutuhan para pengguna dan meningkatkan kenyamanan pengguna (customer experience).
Lalu, apa rencana ke depan pengembangan AI di Bukalapak? Ibrahim menjelaskan bahwa Bukalapak berkomitmen untuk mengembangkan AI secara komprehensif dari hulu ke hilir.
“Kami ingin AI mampu berkontribusi lebih signifikan di berbagai aspek produk dan layanan yang kami miliki. Dengan teknologi AI yang lebih maju, kami berharap inovasi produk dan layanan Bukalapak akan terus meningkat pula sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia,” tutur Ibrahim.
(Simak informasi menarik seputar perkembangan dan masa depan teknologi AI di majalah InfoKomputer edisi Agustus 2019)
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR