Apple dikenal cukup ketat pada layanan aftersales miliknya. Biasanya, Apple hanya merekomendasikan pengguna untuk memperbaiki perangkat yang rusak di service center resmi.
Namun kali ini berbeda. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu kini mengizinkan tempat reparasi independen alias non-resmi untuk memperbaiki iPhone rusak menggunakan komponen asli yang dipasok langsung oleh Apple.
Syaratnya adalah tempat perbaikan tersebut tercatat sebagai bengkel ponsel yang sudah menerima pelatihan dari Independent Repair Provider Program.
Lewat Independent Repair Provider Program, Apple memberikan pelatihan kepada bengkel-bengkel servis ponsel, lengkap dengan komponen original yang dibutuhkan untuk perbaikan.
Melalui program tersebut, bengkel ponsel yang terdaftar nantinya akan memiliki akses untuk mendapatkan suku cadang asli dari Apple dengan harga yang sama dengan pengecer resmi.
Baca Juga: Sony Resmi Luncurkan Kamera Mirrorless a6500 dan a6100, Harganya?
Sejauh ini, komponen yang bisa didapatkan baru sebatas layar dan kamera saja seperti dikutip GSM Arena.
Program ini baru tersedia di wilayah Amerika Utara. Wilayah Eropa hingga Asia akan menyusul di kemudian hari.
Selain itu, perangkat yang diizinkan untuk diperbaiki di tempat servis tak resmi ini hanya perangkat yang sudah habis masa garansinya.
Menurut Ben Bajarin, seorang analis dari Creative Strategies, mengatakan langkah itu dapat menciptakan lebih banyak peluang bagi Apple untuk menjual aksesoris, komponen serta layanan.
"Itu membantu mereka mendapatkan produk dengan lebih terjangkau sehingga mendapat lebih banyak pelanggan dan meningkatkan basis," kata Bajarin.
Penjualan iPhone sendiri saat ini tengah menurun selama dua kuartal terakhir, namun Airpods dan Apple Watch justru meningkat dan membantu menutup penurunan pendapatan tersebut.
Baca Juga: Layanan Telepon dan SMS Telkomsel Berangsur Pulih di Papua
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR