Perluas jangkauan layanan pengiriman paket on-demand, Grab menjalin kemitraan strategis dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan mengintegrasikan layanan GrabExpress dengan layana logistik KAI Rail Express.
Penandatanganan Memorandum of Understanding terkait Grab Rail Express ini dilakukan oleh Edi Sukmoro, Dirut PT KAI dan Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia di sela-sela perayaan ulang tahun KAI ke-74 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Ir. H. Djuanda, Bandung.
Pelanggan dapat memanfaatkan layanan Grab Rail Express ini untuk mengirimkan paket ke beberapa kota, seperti Cirebon, Semarang, dan Surabaya. Pada fase awal operasional layanan first mile Grab Rail Express ini akan tersedia dalam layanan dua roda dan pengiriman berasal dari Jakarta.
Bagaimana caranya? Pelanggan dapat memesan GrabExpress untuk mengirim/mengambil paket seperti biasa. Selanjutnya, GrabExpress akan mengambil/mengirim paket hanya ke stasiun tujuan sesuai pesanan pelangga. Stasiun-stasiun yang bisa pelanggan pilih adalah Stasiun KI Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun KAI Stasiun Jakarta Kota, dan Stasiun KAI Stasiun Pasar Senen.
“Kami senang dapat berkolaborasi dengan KAI dalam menghadirkan layanan pengiriman barang first mile yang terintegrasi dan mudah dalam satu aplikasi. Tidak hanya memanjakan pelanggan individu, layanan Grab Rail Express juga dapat membantu bisnis kecil dan komunitas social seller Tanah Air sehingga semakin sukses dalam menjalankan bisnisnya sejalan dengan komitmen Grab for Good lewat pemberdayaan wirausahawan mikro dan bisnis skala kecil.“ jelas Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia .
Menanggapi kerja sama dengan Grab, Edi Sukmoro, Direktur Utama PT. KAI mengatakan, “Bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-74, kami senantiasa berinovasi sebagai wujud peningkatan layanan untuk para pelanggan kami. Melalui kerja sama strategis dengan Grab kami berharap dapat membuka lebih banyak akses kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia kepada jenis layanan pengiriman barang antar kota yang andal, mudah, serta didukung oleh teknologi tinggi.”
Grab Express berkomitmen untuk terus memberdayakan bisnis skala kecil dan UMKM di Indonesia dan telah meluncurkan berbagai fitur seperti bukti pengiriman dan pelacakan langsung untuk memantau proses pengiriman melalui pelacakan lokasi kurir serta mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil kurir pada saat pengambilan dan penerimaan barang. Fitur “Kirim ke Banyak Tujuan” dan “Banyak Pemesanan Sekaligus” juga membantu pengguna melakukan pengiriman hingga ke 50 alamat berbeda dalam satu waktu. Layanan pengiriman antar kota Grab Rail
Layanan GrabExpress saat ini tersedia di 150 kota di Indonesia. Jumlah pengiriman harian menggunakan GrabExpress meningkat, dimana lebih dari 50% pengguna GrabExpress merupakan wirausahawan mikro. Dengan armada GrabBike dengan jumlah terbanyak di Indonesia, lebih dari 90% pemesanan GrabExpress dalam satu tahun terakhir dapat diselesaikan sesuai dengan estimasi waktu pengiriman yang dijanjikan. Saat ini GrabExpress juga telah menjadi mitra pengiriman bagi e-Commerce terkemuka di Tanah Air.
“Kami berharap kerja sama GrabExpress dan KAI dapat membantu meningkatkan pertumbuhan, tidak hanya wirausahawan mikro, tetapi juga mitra pengemudi dan pelanggan. Sejalan dengan misi pemanfaatan teknologi untuk kebaikan Grab, kami juga berharap dapat menciptakan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan dan peluang bisnis bagi jutaan UMKM di Indonesia, sehingga pada akhirnyadapat membantu Indonesia memperkuat ekonomi digital di Asia Tenggara,” tutup Neneng.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR