Pada acara Oracle OpenWorld 2019 yang digelar di San Francisco pada beberapa waktu lalu, JNE berhasil mendapatkan Oracle Excellence Award.
Perusahaan kurir ini dinyatakan sebagai pemenang melalui penerapan inovasi di bidang teknologi cloud yang mendorong transformasi digitalisasi dan nilai bisnis dengan meningkatkan inovasi, menurunkan biaya, dan mengurangi kompleksitas TI.
Kunci keberhasilannya dalam penghargaan ini adalah bagaimana JNE menunjukkan keberhasilannya mengubah proses dan sistem back-end untuk menciptakan hasil yang berkualitas, khususnya untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
Pendukung bisnis dalam hal ini adalah implementasi bisnis dari solusi bernama Oracle Management Cloud dan Oracle Autonomous Data Warehouse.
Menurut Rusly Askar selaku Head of Cloud Platform, Oracle Indonesia, mengatakan "Ada banyak kunci utama yang dapat diperoleh perusahaan lain dari transformasi bisnis seperti JNE tersebut. Untuk perusahaan yang ingin unggul dalam ekonomi berbasis data saat ini, strategi yang komprehensif dan terintegrasi untuk meningkatkan data adalah pendorong utama untuk pertumbuhan bisnis.”
Dijelaskan Rusly, data berperan untuk menceritakan kisah-kisah penting perusahaan, dan memahami kisah-kisah itu dapat secara positif mempengaruhi arah bisnis, operasi, dan pengalaman khalayak yang berinteraksi dengannya.
“Menurut penelitian terbaru oleh Oracle, hal tersebut menunjukkan bahwa ada korelasi langsung antara memiliki strategi data yang terhubung dengan keberhasilan suatu perusahaan. Dengan strategi yang komprehensif, organisasi seperti JNE dapat membuka kemungkinan yang dapat memberikan dampak positif bagi bisnis, karyawan, dan pengalaman pelanggan mereka serta diberdayakan untuk membantu dampak positif bagi komunitas mereka,” terang Rusly.
Mampu Efisiensi dan Dorong Inovasi di Perusahaan
Dengan menggabungkan platform terpadu Oracle Management Cloud untuk Operasi TI dan kemampuan Machine Learning (ML) yang inovatif seperti pengelompokan data dan korelasi, perusahaan dapat menemukan wawasan baru pada pengalaman pelanggan, kinerja aplikasi dan ketersediaan untuk mencapai ketersediaan yang lebih besar dan biaya operasional yang lebih rendah.
“Melalui penggunaan Oracle Management Cloud dan kemampuan ML, perusahaan kami telah dapat memperoleh manfaat yang terukur, seperti mampu mengidentifikasi dan secara proaktif memperbaiki insiden dalam hitungan menit, sehingga mereka dapat merespons jauh lebih cepat terhadap keluhan pelanggan dan dapat mengurangi keluhan tersebut sampai dengan 70 persen,” kata M. Feriadi, Presiden Direktur, JNE.
Lebih lanjut, hal lain yang mendapatkan pengakuan JNE adalah penggunaan Oracle Autonomous Database.
Dengan solusi ini, staf TI perusahaan sekarang dapat mengurangi jumlah pekerjaan manual yang perlu mereka lakukan karena sifat otonom Database Self-driving, self-secure dan self-repairing, yang misalnya memungkinkan lingkungan dengan data warehouse lengkap untuk dibuat dalam hitungan menit.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR