Memasuki awal tahun 2020, Tokopedia mengumumkan sederat temuan menarik yang memotret perilaku belanja online masyarakat Indonesia di sepanjang 2019 lalu.
VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengungkapkan, “Kami melihat antusiasme yang semakin luar biasa dari masyarakat dalam bertransaksi online. Hal ini tampak salah satunya dari signifikansi peningkatan jumlah penjual maupun pembeli di luar pulau Jawa sepanjang 2019.”
Berdasarkan dari data internalnya, Tokopedia membagi temuan menarik itu ke dalam empat kategori utama yaitu Daerah Paling Bertumbuh, Transaksi Paling Jauh, Kategori Paling Laris, serta Pembelian Terakhir di 2019 dan Pertama di 2020.
Pertama, untuk Daerah Paling Bertumbuh, Tokopedia mengungkapkan bahwa lima daerah Indonesia dengan pertumbuhan penjual paling tinggi yakni Sulawesi Utara, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Utara (144.4%).
Di sisi lain, lima daerah Indonesia dengan pertumbuhan pembeli paling tinggi, yaitu Aceh, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.
Kedua, yakni Transaksi Paling Jauh. “Transaksi paling jauh di Tokopedia selama 2019 terjadi antara pembeli di Papua yang membeli produk cincin batu kecubung api dari penjual di Aceh,” cetus Nuraini.
Baca Juga: Akun Maia Estianty Diretas, Tokopedia Pastikan Tak Ada Kebocoran Data
Sebaliknya, Tokopedia juga mencatatkan adanya transaksi produk sepatu olahraga merek lokal antara pembeli di Aceh dengan penjual di Papua.
Ketiga, Kategori Paling Laris. Lima kategori paling populer di tengah masyarakat sepanjang 2019 berdasarkan data internal Tokopedia yaitu Fashion, Rumah Tangga, Handphone dan Tablet, Elektronik, dan Kesehatan.
Selanjutnya, yakni Pembelian Terakhir di 2019 dan Pertama di 2020. Tokopedia mencatatkan barang terakhir yang dibeli di 2019 adalah diska lepas USB (USB flash drive).
Di sisi lain, barang pertama yang dibeli di awal 2020 merupakan produk lokal, yaitu tas rotan bermotif lukis khas Bali.
Masih berdasarkan penjelasan dari Nuraini, sampai saat ini sudah ada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia yang tersebar di 97% kecamatan di Indonesia.
“Selain itu, jutaan masyarakat Indonesia juga telah memulai dan mengembangkan bisnis lewat Tokopedia untuk memasarkan lebih dari 200 juta produk terdaftar dengan harga yang transparan,” pungkas Nuraini.
Baca Juga: Bukalapak dan Tokopedia Siap Tindak Tegas Pelapak yang Jual YouTube
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR