Sociolla yang awalnya adalah situs web perdagangan (e-commerce) retail untuk produk kecantikan, pada tahun 2019 lalu menambah kanalnya melalui toko retail fisik di Lippo Mall Puri dan di Kota Kasablanka. Tak sekadar menambah kanal, Social Bella Indonesia sebagai perusahaan yang menaungi Sociolla, juga menghadirkan pengalaman pengguna yang terintegrasi antara toko daring dan toko "luring"-nya tersebut. Tujuannya tentu untuk meningkatkan pengalaman pengguna Sociolla. Adapun infrastruktur TI (teknologi informasi) yang dimanfaatkan Social Bella Indonesia untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang terintegrasi tersebut berasal dari AWS (Amazon Web Services). Social Bella Indonesia memang sudah menggunakan AWS sejak Sociolla berumur enam bulan. Pasalnya, fitur-fitur yang ditawarkan AWS memudahkan Sociolla untuk terus bertumbuh. Hal itu disampaikan Social Bella Indonesia di Jakarta belum lama ini.
"Kita bermula dari e-commerce, awalnya, di 2015. Jadi, selama empat tahun kita, hampir lima tahun kita berdiri sekarang, kita udah berkembang jauh lebih besar dari hanya sebagai e-commerce, tetapi kita udah menjadi kayak the whole platform ecosystem untuk beauty industry sendiri. Jadi, kalau misalnya kita describe kita punya company: we are a beauty tech company," ujar Christopher Madiam (Cofounder & President, Social Bella Indonesia) perihal Social Bella Indonesia. "Emang kalau kita bicara untuk cloud, di, ya di dunia, itu kan AWS memang market share-nya paling besar dan dia memang yang salah satu yang pioneer-lah ya, paling awal menyediakan ini, dan memang untuk e-commerce sendiri itu, dia lumayan komplit dan komprehensiflah untuk menyediakan fitur-fitur yang kita butuhkan," jelas Christopher Madiam lagi mengenai pemilihan AWS oleh perusahaannya sambil menekankan scalability yang dimungkinkan AWS.
Social Bella Indonesia kini memiliki tiga lini bisnis utama, yakni retail, media, dan pengembangan merek. Pada retail ada Sociolla yang terdiri dari www.sociolla.com dan Sociolla Store; pada media terdapat Beauty Journal dan SOCO; sedangkan pada pengembangan merek, Social Bella Indonesia antara lain memfasilitasi pendistribusian produk-produk merek yang bekerja sama ke seluruh Indonesia, baik daring maupun luring.
Adapun untuk layanan cloud computing AWS yang digunakan oleh Social Bella Indonesia mencakup berbagai layanan yang dasar dan yang lebih lanjut. Social Bella Indonesia misalnya menggunakan Amazon EC2, Amazon S3, Amazon RDS, Amazon DynamoDB, dan Amazon Redshift.
Sementara, pengalaman pengguna yang terintegrasi antara toko retail daring Sociolla dan toko retail fisik Sociolla antara lain dengan menghadirkan informasi seperti manfaat dan review dari suatu produk ketika pengguna menilik produk bersangkutan di Sociolla Store, tidak hanya di www.sociolla.com; harga produk yang sama di kedua kanal; reward yang hadir baik ketika pengguna berbelanja di toko retail fisik Sociolla maupun di toko retail daring Sociolla; pengambilan produk yang dibeli melalui www.sociolla.com di Sociolla Store oleh pengguna; dan pengiriman produk yang dibeli di Sociolla Store dari www.sociolla.com ke rumah pengguna tatkala produk bersangkutan sedang tidak tersedia di Sociolla Store tersebut. Oh ya, agar pengguna bisa menikmati pengalaman yang terintegrasi ini, pengguna harus menggunakan Aplikasi SOCO.
Selain menawarkan pengalaman pengguna yang terintegrasi, Social Bella Indonesia juga menjamin bahwa seluruh produk yang dijualnya adalah orisinal dan mendapatkan sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Pengguna bisa dengan tenang berbelanja dan menggunakan produk yang dibeli dari Sociolla.
Ke depannya, Social Bella Indonesia berencana untuk menambah Sociolla Store. Penambahan Sociolla Store ini juga mencakup kota-kota lain di luar Jakarta. Jadi, nantinya Sociolla Store kemungkinan tidak hanya tersedia di Jakarta seperti saat sekarang.
KOMENTAR