Ramadan hanya tinggal hitungan bulan, dan brand sudah mulai mempersiapkan aktivasi khusus yang dapat menjadikan mereka bagian dari percakapan masyarakat, selama bulan Ramadan mendatang.
Dengan karakternya yang real-time, Twitter pun menjadi tempat untuk berbagi dan mencari berbagai informasi umum terkait Ramadan, seperti makanan (60%) dan konten religi (60%), dan hiburan (48%).
Dwi Adriansah (Country Industry Head, Twitter Indonesia) menyebut bahwa Twitter adalah tempat di mana orang berkumpul untuk mencari dan berbagi informasi yang sesuai dengan interest mereka.
"Hal ini juga terjadi di bulan Ramadan (tahun 2019, red), di mana kami melihat peningkatan yang cukup signifikan dari jumlah Tweet yang terkait dengan tiga topik percakapan yaitu: makanan, konten religi, dan hiburan,” ujar Adriansah.
Dengan akan banyaknya aktivasi online dan offline selama bulan Ramadan ke depan, brand perlu mengambil langkah strategis agar dapat menjadikan aktivasi mereka relevan dan menjadi top of mind audiens mereka. Salah satunya adalah dengan fokus terhadap penggunaan video. Jika dibandingkan dengan bulan Ramadan tahun 2018, terdapat peningkatan sebesar 148% terhadap konsumsi video di Twitter di Indonesia selama Ramadan 2019.
Terkait dengan hal ini, Twitter menganalisis percakapan di Indonesia selama setahun terakhir dan membeberkan 4 tren topik percakapan yang dapat dimanfaatkan oleh brand untuk kesuksesan aktivasi di Twitter pada bulan Ramadan.
1. Tweet terkait gaming meningkat 2x lipat pada bulan Ramadan
Meningkatnya industri e-Sport juga terlihat dari volume pembicaraan tentang gaming di Twitter. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat 73% pengguna Twitter di Indonesia bermain video games, baik itu melalui perangkat selular, desktop, maupun konsol. Pada tahun 2019, jika dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya, percakapan tentang gaming meningkat 2x lipat di hari pertama Ramadan.
2. Percakapan seputar hiburan meningkat 25% pada bulan Ramadan 2019
Pengguna Twitter di Indonesia juga rajin mencari konten hiburan untuk menemani bulan Ramadan mereka. Jika dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya, terjadi peningkatan 25% dalam jumlah volume Tweet atau percakapan tentang hiburan selama bulan Ramadan 2019. Sebanyak 46% pengguna di Indonesia bahkan melakukan aktivitas di Twitter saat mereka sedang menonton televisi, dan puncaknya adalah antara jam 18.00 - tengah malam.
3. Diskusi hangat seputar olahraga
Tidak hanya pembicaraan tentang gaming atau hiburan, olahraga juga menjadi topik yang turut meramaikan linimasa Twitter saat bulan Ramadan tiba. Di Twitter, pembahasan mengenai olahraga juga memiliki audiens-nya tersendiri: mulai dari pembahasan sepak bola Liga Inggris, badminton, hingga MotoGP. Sepak bola, badminton, dan basket menjadi tiga jenis olahraga teratas yang banyak dibicarakan di 2019 di Indonesia. Percakapan tentang Liga Inggris bahkan meningkat 2x lipat pada bulan Ramadan 2019.
4. Pembicaraan di Twitter mengenai lingkungan meningkat dalam lima tahun terakhir
Penulis | : | Indah PM |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR