Bersamaan dengan rangkaian program Sama-Sama di TikTok yang diselenggarakan mulai Jumat (28/2), TikTok pun mengusung acara bincang-bincang bertajuk “Video Pendek Untuk Menyebarkan Pesan Positif”.
Donny Eryastha (Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia and The Philippines) menyebut, salah satu misi TikTok adalah menginspirasi dan mendorong generasi muda untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan.
“Dengan format video singkat dan fitur video editing yang lengkap dan mudah digunakan, TikTok menyediakan sarana yang efisien bagi generasi muda untuk berkontribusi secara positif kepada masyarakat dengan isu penting, seperti kesadaran akan lingkungan dan kesehatan,” tutur Donny.
Sementara itu, pengamat tren pemasaran, Yoris Sebastian, yang menjadi salah satu narasumber dalam bincang-bincang tersebut, mengatakan bahwa video pendek dan vertikal masih akan menjadi tren di Indonesia tahun ini.
Walhasil brand serta masyarakat harus mulai melihat bagaimana dapat menggunakan wadah video pendek dalam menyampaikan pesan-pesan mereka.
"TikTok sebagai wadah video pendek menjadi pilihan karena tidak hanya menyajikan diversifikasi konten tetapi memiliki fitur editing yang mumpuni bagi masyarakat yang ingin berkreativitas dalam menyebarkan pesan-pesan berdampak sosial dan positif,” jelas Yoris.
TikTok juga berharap dapat mendorong dampak sosial dan memberikan kesadaran sosial kepada pengguna, sehingga menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap masyarakat.
Untuk itu, TikTok melakukan berbagai kampanye sosial melalui kerjasama dengan berbagai NGO dan komunitas, antara lain kampanye “Sama-Sama Aman, Sama-Sama Nyaman” bersama Komunitas Sudah Dong untuk menerbitkan panduan anti cyber-bullying, #EduTok dan #BelajarBareng yang mengajak pengguna membagi konten edukasi di TikTok, #SosmedCinta yang bekerjasama dengan ICT Watch untuk mendorong literasi digital, serta berbagai kampanye di tingkat internasional, seperti #SaveOurOcean yang bekerjasama dengan Conservation International untuk mendorong pelestarian laut dan #ForClimate dengan Red Cross Internasional untuk membangkitkan kesadaran tentang pemanasan global.
Program Sama-Sama di TikTok berlangsung mulai 28 Februari hingga 1 Maret 2020 di Main Atrium, Kota Kasablanka, yang diisi dengan berbagai kegiatan interaktif di booth dan penampilan dari musisi yang sedang hits, antara lain Brisia Jodie dan Arsy Widianto, Hanif Andarevi, Mario Ginanjar, Shakira Jasmine, dan Yura Yunita.
Selanjutnya, TikTok juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan di rangkaian “Sama-Sama di TikTok”, termasuk “Sama-Sama Belajar” yang bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta dan Universitas Airlangga di Surabaya, serta program kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.
KOMENTAR