Pemerintah Pusat maupun Provinsi menyediakan pusat informasi dan komunikasi terkait virus corona (COVID-19) dalam bentuk situs web dan sambungan hotline.
Melalui sarana tersebut masyarakat diharapkan dapat memperoleh informasi yang akurat seputar virus corona yang penyebarannya masih memperlihatkan tren meningkat di Indonesia.
1.https://infeksiemerging.kemkes.go.id
Situs web yang dikelola Kementerian Kesehatan RI merupakan wadah informasi terkini penyakit infeksi.
Dibuat sejak tahun 2019, situs web ini dihadirkan tidak hanya untuk COVID-19. Situs ini memuat informasi berbagai penyakit infeksi emerging (penyakit baru) di Indonesia, seperti demam kuning, demam lassa, SARS, ebola, zika, hingga polio.
Terkait wabah virus corona, situs ini menyediakan kanal Corona Virus Update. Di kanal ini pengunjung dapat mengakses informasi situasi terkini perkembangan COVID-19 di Indonesia maupun global. Ada pula kanal Artikel Kesehatan yang saat ini tentu saja didominasi oleh informasi terkait virus corona. Termasuk di antaranya artikel tanya jawab tentang coronavirus.
Selain situs web, Pemerintah Pusat juga menyediakan nomor hotline yang bisa diakses masyarakat.
Hotline: 119 ext 9 atau 021-5210411 atau 081212123119.
2.https://corona.jakarta.go.id
Telah mengimpelentasikan Jakarta Smart City sejak beberapa tahun lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga berupaya menyebarkan dan menampung informasi tentang COVID-19 melalui platform digital.
Situs Jakarta Tanggap Corona menyajikan berbagai informasi tentang coronavirus, mulai dari apa itu virus corona, cara penularan dan penanganan, sampai dengan data pantauan terkini dan peta sebaran ODP, PDP, dan Positif untuk kawasan DKI Jakarta. Sempat diserang hacker beberapa hari lalu, situs web ini telah beroperasi kembali
Di situs ini, warga DKI Jakarta juga dapat langsung menghubungi nomor hotline 112 atau 081388376955 dengan menekan tombol yang tersedia.
3.https://pikobar.jabarprov.go.id
Dengan 7 warga teridentifikasi positif terjangkit virus corona (sampai dengan 15 Maret), Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengoperasikan Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat (Pikobar).
Selain menampilkan peta sebaran COVID-19 di Jawa Barat, situs Pikobar juga menyajikan kanal khusus pertanyaan dan infografis terkait coronavirus dan cara pencegahan serta penanganannya.
Di situs ini, masyarakat Jawa Barat juga dapat langsung menghubungi nomor call center 119 (darurat) atau Dinkes Jabar di nomir08112093306 (pertanyaan umum) dengan menekan tombol yang tersedia.
Layanan Call Center dan Posko
Sementara itu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga telah menyiapkan Posko Terpadu Pencegahan dan Penanganan Pandemi COVID-19 Provinsi Jawa Tengah. Posko ini dapat dihubungi melalui nomor 024 3580713 atau 082313600560.
Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan membuat layanan call center cangkrukan kesehatan (Cacak) Jatim untuk layanan kesehatan. Ini juga termasuk untuk konsultasi kesehatan terkait virus corona (COVID-19).
Layanan call center dibuka di dua saluran yaitu di nomor 031 8430313 untuk layanan di hari aktif dan jam kerja, dan di nomor 081334367800 yang juga aktif di hari libur selama 24 jam.
Layanan call center ini akan memberikan sarana tanya jawab bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dan konsultasi terkait penanganan coronavirus.
Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga menyediakan hotline untuk pencegahan dan penanganan pandemi virus corona COVID-19 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
Masyarakat di wilayah Jogja dan sekitarnya bisa menghubungi nomor hotline COVID-19 DIY: 0274 555585 atau 08112764800 jika merasa memiliki gejala atau pertanyaan seputar coronavirus.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR