Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para aparatur sipil negara (ASN) dan para karyawan swasta untuk bekerja dari rumah atau remote working.
Kebijakan itu untuk mengurangi kegiatan berkumpul di suatu tempat dan menekan penyebaran virus corona yang mewabah di Indonesia.
Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dengan maksimal untuk bekerja dari rumah. Berikut tujuh daftar aplikasi yang membantu Anda tetap produktif, walaupun kerja remote dari rumah:
1. WhatsApp
Aplikasi pesan instan ini penting untuk menjalin komunikasi sesama rekan kerja. Bahkan walaupun sedang tidak kerja dari rumah pun, aplikasi ini sering digunakan.
Melalui WhatsApp, kamu bisa melakukan koordinasi dengan rekan kerja, baik melalui berkirim pesan teks, foto, atau melalui video call hingga empat orang secara bersamaan.
2. Slack
Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan WhatsApp, namun lebih kompleks dan lengkap. Slack memang didesain untuk mengakomodir kebutuhan komunikasi di dalam suatu manajemen atau perusahaan.
Selain untuk kirim pesan, Slack juga memiliki fitur lain seperti melihat proses kinerja dalam menjalankan proyek, berbagi file, dan juga fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk produktivitas tim saat bekerja. Semua fitur Slack bisa membantu kamu untuk bekerja dari rumah, tanpa harus bertatap muka dengan mitra kerja.
3. Google Apps (G Suite)
Google menyediakan paket lengkap aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan, dan tentu mengakomodir cara kerja dari rumah. Google App atau G Suite adalah kumpulan aplikasi buatan Google yang bisa membantu produktivitas.
Banyak aplikasi yang masuk ke dalam G Suite ini, seperti Gmail, G Drive, Google Hangouts, Google Calender, Google Documents, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mendapatkan layanan yang lebih dan fitur maksimal, maka harus berlangganan dengan biaya tertentu.
4. Microsoft Office 365
Tidak hanya Google, Microsoft juga mempunyai layanan serupa yang dinamakan Office 365. Layanan Office 365 menyertakan beberapa aplikasi produktivitas yang dirancang untuk kebutuhan kolaborasi di tingkat organisasi, departemen, dan tim.
Saat ini, ada banyak aplikasi di dalam ekosistem Office 365, mulai dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneDrive for Business, SharePoint Online, Microsoft Teams, Yammer, Skype for Business, Outlook Online, Delve Board, dan masih banyak lagi. Office 365 juga menyediakan layanan berlangganan dengan biaya tertentu.
5. Zoom
Aplikasi Zoom menghadirkan fitur yang maksimal untuk melakukan video conference, sama seperti Google Hangout. Semua tim bisa melakukan komunikasi video secara bersamaan dengan kualitas video dan audio yang baik. Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat mobile dan desktop komputer atau laptop.
Tidak hanya fitur video conference, Zoom juga memiliki fitur lainnya, seperti kirim pesan teks, foto, audio, dan video. Bahkan, Zoom baru merilis fitur baru yang dapat mengubah background saat pengguna melakukan video conference.
6. Toogl
Toogl adalah aplikasi yang memudahkan untuk melihat produktivitas kita saat melakukan kerja dari rumah. Terkadang bekerja di rumah akan banyak gangguan atau distraksi yang menghambat produktivitas, seperti bermain media sosial hingga lupa waktu.
Dengan Toogl, kita bisa mengatur waktu kerja sesuai yang diinginkan. Aplikasi ini akan mengingatkan kita kapan waktunya berhenti dan kembali bekerja, termasuk kapan waktunya beristirahat atau harus segera menyelesaikan pekerjaan.
Setiap aktivitas pekerjaan kita akan direkam oleh Toggl. Kemudian, kita bisa lihat penggunaan waktu yang dipakai setiap harinya. Seperti berapa lama waktu kerja, berapa lama waktu berhenti, berapa lama waktu istirahat dan lain sebagainya. Toogl sudah tersedia di perangkat mobile dan dekstop.
7. DayWise
Aplikasi ini sedikit mirip dengan Toggl, karena fungsinya juga untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dengan DayWise, kita bisa mengatur mulai bekerja, istirahat, hingga menyelesaikan pekerjaan.
Waktu yang diatur itu berfungsi untuk mengalihkan semua notifikasi. Misal, saat bekerja, hanya notifikasi penting saja akan muncul di smartphone kamu, sehingga waktu bekerja tidak akan terganggu. DayWise baru tersedia untuk pengguna smartphone Android.
Itu tujuh aplikasi rekomendasi kumparan untuk meningkatkan produktivitas bekerja kamu saat menjalankan pekerjaan dari rumah. Semoga makin produktif dan stay safe
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para aparatur sipil negara (ASN) dan para karyawan swasta untuk bekerja dari rumah atau remote working. Kebijakan itu untuk mengurangi kegiatan berkumpul di suatu tempat dan menekan penyebaran virus corona yang mewabah di Indonesia.
Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dengan maksimal untuk bekerja dari rumah. Berikut tujuh daftar aplikasi yang membantu Anda tetap produktif, walaupun kerja remote dari rumah:
1. WhatsApp
Aplikasi pesan instan ini penting untuk menjalin komunikasi sesama rekan kerja. Bahkan walaupun sedang tidak kerja dari rumah pun, aplikasi ini sering digunakan.
Melalui WhatsApp, kamu bisa melakukan koordinasi dengan rekan kerja, baik melalui berkirim pesan teks, foto, atau melalui video call hingga empat orang secara bersamaan.
2. Slack
Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan WhatsApp, namun lebih kompleks dan lengkap. Slack memang didesain untuk mengakomodir kebutuhan komunikasi di dalam suatu manajemen atau perusahaan.
Selain untuk kirim pesan, Slack juga memiliki fitur lain seperti melihat proses kinerja dalam menjalankan proyek, berbagi file, dan juga fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk produktivitas tim saat bekerja. Semua fitur Slack bisa membantu kamu untuk bekerja dari rumah, tanpa harus bertatap muka dengan mitra kerja.
3. Google Apps (G Suite)
Google menyediakan paket lengkap aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan, dan tentu mengakomodir cara kerja dari rumah. Google App atau G Suite adalah kumpulan aplikasi buatan Google yang bisa membantu produktivitas.
Banyak aplikasi yang masuk ke dalam G Suite ini, seperti Gmail, G Drive, Google Hangouts, Google Calender, Google Documents, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mendapatkan layanan yang lebih dan fitur maksimal, maka harus berlangganan dengan biaya tertentu.
4. Microsoft Office 365
Tidak hanya Google, Microsoft juga mempunyai layanan serupa yang dinamakan Office 365. Layanan Office 365 menyertakan beberapa aplikasi produktivitas yang dirancang untuk kebutuhan kolaborasi di tingkat organisasi, departemen, dan tim.
Saat ini, ada banyak aplikasi di dalam ekosistem Office 365, mulai dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneDrive for Business, SharePoint Online, Microsoft Teams, Yammer, Skype for Business, Outlook Online, Delve Board, dan masih banyak lagi. Office 365 juga menyediakan layanan berlangganan dengan biaya tertentu.
5. Zoom
Aplikasi Zoom menghadirkan fitur yang maksimal untuk melakukan video conference, sama seperti Google Hangout. Semua tim bisa melakukan komunikasi video secara bersamaan dengan kualitas video dan audio yang baik. Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat mobile dan desktop komputer atau laptop.
Tidak hanya fitur video conference, Zoom juga memiliki fitur lainnya, seperti kirim pesan teks, foto, audio, dan video. Bahkan, Zoom baru merilis fitur baru yang dapat mengubah background saat pengguna melakukan video conference.
6. Toogl
Toogl adalah aplikasi yang memudahkan untuk melihat produktivitas kita saat melakukan kerja dari rumah. Terkadang bekerja di rumah akan banyak gangguan atau distraksi yang menghambat produktivitas, seperti bermain media sosial hingga lupa waktu.
Dengan Toogl, kita bisa mengatur waktu kerja sesuai yang diinginkan. Aplikasi ini akan mengingatkan kita kapan waktunya berhenti dan kembali bekerja, termasuk kapan waktunya beristirahat atau harus segera menyelesaikan pekerjaan.
Setiap aktivitas pekerjaan kita akan direkam oleh Toggl. Kemudian, kita bisa lihat penggunaan waktu yang dipakai setiap harinya. Seperti berapa lama waktu kerja, berapa lama waktu berhenti, berapa lama waktu istirahat dan lain sebagainya. Toogl sudah tersedia di perangkat mobile dan dekstop.
7. DayWise
Aplikasi ini sedikit mirip dengan Toggl, karena fungsinya juga untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dengan DayWise, kita bisa mengatur mulai bekerja, istirahat, hingga menyelesaikan pekerjaan.
Waktu yang diatur itu berfungsi untuk mengalihkan semua notifikasi. Misal, saat bekerja, hanya notifikasi penting saja akan muncul di smartphone kamu, sehingga waktu bekerja tidak akan terganggu. DayWise baru tersedia untuk pengguna smartphone Android.
Itu tujuh aplikasi rekomendasi kumparan untuk meningkatkan produktivitas bekerja kamu saat menjalankan pekerjaan dari rumah. Semoga makin produktif dan stay safe!
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR