Di tengah wabah virus Corona (COVID-19) yang terus berkembang di Tanah Air, Halodoc berkolaborasi dengan Blibli untuk menghadirkan layanan “Check COVID-19" di situs dan aplikasi Blibli.
Akses ke telemedik (telemedicine) ini memungkinkan pelanggan Blibli untuk melakukan konsultasi kesehatan dan mendapatkan informasi lengkap mengenai COVID-19 tanpa harus keluar rumah.
Fitur “Cek Kesehatan” tersedia di laman depan aplikasi dan situs Blibli ini akan menghubungkan para pelanggan untuk dapat berkonsultasi dengan dokter-dokter di Halodoc terkait gejala-gejala COVID-19.
Selain itu, ada pula fitur “Kenali Gejala COVID-19" yang akan membawa para pelanggan ke informasi medis mengenai COVID-19 yang telah disiapkan oleh Halodoc.
Felicia Kawilarang selaku VP Marketing Halodoc mengatakan, “Kami percaya, kolaborasi ini menjadi langkah tepat untuk mengajak lebih banyak lagi pelanggan setia Blibli melakukan pengecekan risiko COVID-19 lebih dini lewat platform Halodoc.”
Felicia juga menekankan bahwa selain sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menyaring masyarakat dengan risiko COVID-19 rendah, medium, hingga tinggi, kolaborasi ini juga mempermudah masyarakat dalam menerapkan social distancing karena masyarakat tidak perlu melakukan tatap muka atau keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya terkait dengan kesehatan.
“Adanya layanan telemedis atau konsultasi jarak jauh selain meminimalisir penyebaran penyakit, juga membantu para dokter dan tenaga medis untuk lebih fokus menangani pasien COVID-19 dengan gejala menengah-parah yang membutuhkan perawatan di rumah sakit,” terang Felicia.
Berdasarkan data WHO sekitar 80% pasien COVID-19 di dunia hanya mengalami gejala ringan dan bisa sembuh dengan perawatan rumah tanpa perlu dirawat di rumah sakit.
Pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri di rumah guna mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19.
Yolanda Nainggolan selaku Vice President of Public Relations Blibli mengungkapkan, “Kemunculan kasus-kasus terkait virus COVID-19 di Indonesia sangat memprihatinkan karena itu kita semua harus membantu menekan penyebaran pandemi ini.”
Sejak Januari lalu, Blibli juga telah melakukan upaya pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 di lingkungan kerja maupun kepada pelanggan.
Blibli meningkatkan prosedur sanitasi melalui pengiriman tanpa kontak, pemantauan kesehatan karyawan, proses sanitasi seluruh fasilitas kantor dan gudang, serta kebijakan work from home bagi karyawan yang diterapkan sejak pertengahan Maret.
Blibli juga terus mengupayakan ketersediaan produk dan telah menerapkan pembatasan pembelian produk khususnya untuk produk-produk sensitif terkait situasi saat ini, seperti hand sanitizer, cairan antiseptik, dan juga masker, serta produk sembako.
“Hal ini sesuai dengan anjuran Pemerintah Indonesia untuk melakukan pembatasan pembelian stok untuk menghindari pihak-pihak yang bertujuan untuk menimbun barang,” jelas Yolanda.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR