Pemerintah memberikan keringanan bagi sejumlah pelanggan listrik PLN untuk menekan dampak wabah virus corona bagi golongan masyarakat tertentu.
Salah satunya dengan memberikan listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan diskon listrik 50 persen bagi pelanggan 900 VA bersubsidi untuk periode April, Mei, dan Juni 2020.
PLN telah menyediakan beberapa saluran untuk mendapatkan token gratis dan diskon listrik bagi pelanggan prabayar.
Di antaranya melalui website www.pln.co.id, kantor PLN setempat, dan WhatsApp melalui nomor 08122123123.
Saat ini klaim token listrik gratis baru bisa dilakukan lewat website resmi PLN di www.pln.co.id. Sementara untuk klaim melalui WhatsApp, baru bisa dilakukan pada Senin (6/4/2020).
Lantas, bagaimana cara mendapatkan token gratis dan diskon listrik bagi pelanggan prabayar?
Cara dapat token listrik gratis via WA
Jika melalui layanan Whatsapp, token listrik bisa didapatkan dengan cara:
1. Buka Aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Token listrik gratis via website PLN
Token listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA bersubsidi dapat didapatkan dengan cara:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Ada 10 juta pelanggan prabayar berhasil klaim
Listrik gratis diberikan bagi pelanggan 450 VA dan diskon listrik 50 persen bagi pelanggan 900 VA bersubsidi untuk periode April, Mei, dan Juni 2020.
Rinciannya, sebanyak 24 juta pelanggan rumah tangga 450 VA yang mendapatkan listrik gratis dan 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang mendapatkan diskon pembayaran tarif listrik sebesar 50 persen.
Khusus 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar selama tiga bulan terakhir.
Hingga Minggu (5/4) pukul 09.00 WIB, PLN sudah berhasil menyediakan listrik gratis atau diskon listrik untuk 10 juta pelanggan prabayar. Sementara, token bagi 1 juta pelanggan lainnya akan diperbarui secara bertahap paling lambat sampai 11 April 2020.
Lindungi Data Kami!
Kebocoran data konsumen terus terjadi. Semua insiden tersebut memunculkan gugatan, mengapa hal ini terus terjadi? Dan apa yang harus dilakukan penyedia layanan untuk melindungi data konsumen dengan lebih optimal?
Ikuti webinar "Konsumen Menggugat: Lindungi Data Kami!" yang akan membahas semua aspek kebocoran data, dan langkah apa yang harus dilakukan konsumen untuk dapat melindungi data pribadinya.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Cakrawala |
KOMENTAR