Di tengah penerapan imbauan pemerintah dan WHO untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) dan gerakan di rumah aja, Instagram memahami bahwa banyak UKM di Indonesia dan bahkan seluruh dunia yang menghadapi masa-masa sulit untuk mempertahankan kelangsungan bisnisnya.
Namun, terlepas dari masa krisis yang terjadi saat ini, Instagram melihat adanya kepedulian tinggi di antara masyarakat Indonesia yang saling membantu mempertahankan kelangsungan bisnis para pelaku UKM, yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.
Selain itu, para figur publik Indonesia juga mulai menginisiasi program promosi gratis di akun Instagram mereka.
Berikut ini merupakan daftar para konten kreator dan figur publik yang menggunakan akun Instagram mereka untuk turut membantu UKM lokal Indonesia melalui jasa promosi gratis.
· Konten kreator Hans Danial (@eatandtreats), Julia & Marius (@anakjajan), Alexander Thian (@amrazing), dan Ario Pratomo (@sheggario) mendedikasikan sebuah postingan Feed bagi para UKM yang bergerak di industri F&B untuk mempromosikan bisnis mereka pada kolom komen. Postingan tersebut diharapkan dapat menjadi direktori bagi para pengguna yang ingin mencari inspirasi layanan pemesanan antar makanan ke rumah.
· Tyna Kanna Mirdad (@tynakannamirdad) dan Nana Mirdad juga memberikan kesempatan bagi UKM lokal yang bergerak di industri F&B untuk me-mention-nya di Stories. Selama dua minggu, setiap harinya Tyna akan memilih lima UKM lokal untuk di-repost pada Stories-nya. Selain itu, Tyna juga mendedikasikan satu buah postingan Feed sebagai tempat bagi para UKM lokal dari berbagai industri untuk mempromosikan bisnis mereka masing-masing melalui kolom komentar.
· Ashanty (@ashanty.ash), Aurelie Hermansyah (@aurelie.hermansyah), Feby Febiola (@febyfebiola_), Vebby Palwinta (vebbypalwinta) menyampaikan bentuk dukungan mereka kepada para UKM lokal dengan memberikan jasa endorsement gratis.
· Ayu Dewi memanfaatkan #DiRumahAjaKeren dan membuat sebuah akun baru @dirumahajakeren yang berisi kumpulan endorsement gratis bagi para UKM. Bagi UKM yang ingin di-endorse, hanya perlu mention dan menggunakan hashtag tersebut.
· Ernest Prakasa (@ernestprakasa) menginisiasi gerakan #MakanApaHariIni, dimana ia mengajak para pemilik bisnis F&B yang berada di Jakarta untuk mengirimkan informasi seputar bisnis mereka. Ernest akan memilih tiga bisnis yang akan dipromosikan secara gratis melalui postingan Feed-nya. Gerakan ini merupakan salah satu upaya Ernest membantu kelangsungan bisnis F&B dan penghasilan para ojek online.
KOMENTAR