Saat kondisi PSBB dan stay at home berlangsung, banyak perubahan yang terjadi pada roda perekenomian, termasuk yang dialami para Mitra dan Sahabat Chilibeli. Di antaranya melambatnya pertumbuhan lini usaha HoReCa (Hotel Restaurant Café) yang merupakan lini usaha B2B (business to business) Chilibeli. Hal ini mempengaruhi angka pasokan yang menjadi berlebih, khususnya untuk beberapa sembako.
Oleh karena itu manajemen Chilibeli dengan sigap memperkuat jaringan Mitra dan Sahabat di Jakarta, Depok, dan Tangerang Selatan, serta melebarkan sayap dengan membuka komunitas Mitra baru di Surabaya, guna mendorong penjualan pasokan lebih tersebut.
Didirikan pada Juli 2019 oleh para pendiri Alex Feng, Damon Yue, dan Matt Li, Chilibeli adalah platform perniagaan sosial (social commerce) berbasis komunitas masyarakat yang menghubungkan petani dan pemasok untuk menghadirkan produk segar, bernilai, dan berkualitas ke setiap rumah dengan harga terjangkau. Chilibeli memberdayakan agen yang diberi nama Mitra, yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga.
Pada masa PSBB ini, Chilibeli menggencarkan strategi akuisisi online melalui chatting platform dan media sosial, sehingga berhasil menjaring ratusan Mitra baru. Strategi baru tersebut memampukan perusahaan untuk mencapai lebih banyak Mitra dibandingkan sebelumnya, dengan puluhan Mitra baru pada batch perdana dari kota Surabaya.
Kendala lain yang dihadapi oleh masyarakat yang telah menjadi Mitra dan Sahabat adalah penutupan akses mandiri ke berbagai pemukiman Mitra sehingga pesanan terlantar. Tantangan ini dipecahkan dengan memperbarui aplikasi dan situs Chilibeli.id, dimana sekarang produk pesanan Sahabat dapat langsung diantarkan ke rumah Sahabat yang akses perumahannya tidak ditutup.
Guna sedikit meringankan beban karena menurunnya pemasukan keluarga yang dialami oleh para Mitra, Chilibeli akan memberikan hadiah kecil berupa produk kepada Mitra Chilibeli yang berprestasi. Kedepannya, program ini akan menjadi program harian yang akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan.
Dan menyambut hari raya Idul Fitri, Chilibeli juga menghadirkan paket sembako khusus Lebaran dengan harga terjangkau, mulai kisaran Rp59.000 sampai Rp94.900. Selain itu, Chilibeli aktif memonitor tren dan menyesuaikan harga produk sembako populer yang cenderung naik dengan harga rata-rata pasar.
“Kami memang melihat bahwa pada minggu lalu, harga naik, tetapi tetapi tren harga bahan pangan untuk saat ini cenderung menurun,” kata Yumir Syamsyah Lubis, Head of Marketing Communications, Chilibeli.
Setelah PSBB selesai dan Chilibeli dapat beroperasi kembali seperti semula, ada beberapa rencana usaha yang menjadi prioritas perusahaan, yaitu perbaikan mutu rantai pasok, pengelolaan logistik, ketanggapan tim, serta terus mendorong pengalaman pengguna aplikasi Chilibeli agar makin cerdas dan intuitif.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Cakrawala |
KOMENTAR