Menyambut era kenormalan baru (New Normal), Blibli menghadirkan inisiatif virtual tour. Inisiatif ini memungkinkan pelaku industri pariwisata serta pelanggan memenuhi kebutuhan berwisata di tengah pandemi.
Inisiatif ini sudah tersedia di platform Blibli melalui kategori Tour & Travel sejak tanggal 1 Juni 2020 lalu. Melalui fitur ini pelanggan dapat berjalan-jalan secara virtual ke berbagai destinasi wisata favorit di Indonesia.
Sejak pandemi COVID-19 merebak di tanah air, Blibli telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk menopang beragam industri di tanah air agar pelaku usaha dapat mempertahankan laju bisnis mereka. Virtual Tour merupakan bentuk dukungan Blibli untuk transformasi digital di industri pariwisata dalam menghadapi era new normal. Dengan mengadopsi teknologi, para pelaku industri pariwisata dapat menciptakan dan menggunakan peluang baru untuk melayani pelanggan yang ingin menjalankan berbagai aktivitas walau di tengah protokol kesehatan dan sanitasi yang baru.
Theresia Magdalena, VP of Blibli Tour & Travel Category mengungkapkan, “Sebagai platform e-commerce, Blibli berkomitmen untuk terus meluncurkan inovasi berbasis teknologi guna meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan dan seller. Melalui Virtual Tour, Blibli memungkinkan pelaku industri pariwisata, khususnya para travel agent dan tour guide, untuk menjalankan roda bisnis mereka meskipun di tengah pandemi. Selain itu, kami ingin mengobati kerinduan berwisata para pelanggan yang kini dapat dilakukan secara remotely melalui wisata virtual.”
Melalui Virtual Tour, para tour guide akan berkeliling di sekitar obyek wisata dan perjalanan mereka disiarkan secara live streaming melalui video conference. Sambil berwisata virtual, para tour guide akan memberikan penjelasan mengenai sejarah dan keunikan destinasi wisata tersebut. Tujuannya untuk tetap mengangkat industri pariwisata dan destinasi-destinasi lokal serta internasional di era new normal ini.
“Meskipun dilakukan secara virtual, Blibli tetap ingin agar para pelanggan dapat mengintip lebih dekat bangunan bersejarah, memahami kebudayaan lokal, serta merasakan keindahan destinasi-destinasi wisata tersebut,” tambah Theresia.
Sebagai tahap awal, Blibli mengangkat destinasi Jam Gadang di Bukittinggi, Padang. Selanjutnya, Blibli akan menghadirkan perjalanan virtual ke Lawang Sewu, Semarang. Tidak terbatas pada obyek wisata domestik, Blibli juga akan menghadirkan pengalaman perjalanan virtual ke destinasi internasional yang populer, termasuk Korea, China, dan Eropa.
Program Virtual Tour ini didukung oleh berbagai travel agent ternama, termasuk ONTA (Online Travel Assistance) - KongkoWisata, PT Kereta Api Pariwisata – KA Wisata, dan GOCHINA. Para pelanggan dapat menikmati perjalanan virtual selama 60 menit via video conference, dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp25.000 - Rp30.000 untuk perjalanan virtual domestik dan mulai dari Rp50.000 - Rp150.000 untuk destinasi internasional.
Program inisiatif ini sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap kepuasan pelanggan #KarenaKamuNo1. Lebih jauh, inisiatif ini juga merupakan bentuk persiapan yang dihadirkan Blibli Travel dalam menghadapi era kenormalan baru untuk terus mengakomodasi kebutuhan perjalanan para pelanggan dan seller.
Blibli mengajak seluruh masyarakat untuk tetap semangat dan antusias dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, tanpa melupakan untuk terus menjaga jarak aman, sanitasi, dan kesehatan diri dimanapun berada.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR