Alibaba mengumumkan inisiatif bernama ‘Sprout Up’ untuk memudahkan IKM (Industri Kecil dan Menengah) dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) berorientasi ekspor untuk go online dan go global dengan memanfaatkan peluang perdagangan B2B yang saat ini tersedia di pasar global yang luas melalui platform online.
‘Sprout Up’ merupakan bagian dari inisiatif global bertajuk ‘Spring Thunder’ dari Alibaba Group untuk memberdayakan IKM dan UKM untuk bertahan dan berkembang melalui digitalisasi
semasa dan pasca pandemi Covid-19.
Pertumbuhan ekonomi digital dan ketidakpastian bisnis yang terjadi saat ini telah membawa perubahan mendasar pada bagaimana bisnis beroperasi, termasuk dalam perdagangan B2B
global. Namun, walau ada banyak peluang dan desakan untuk go online dan go global, masih banyak pelaku IKM dan UKM yang mengalami kesulitan dalam memanfaatkan pasar global dan
transformasi besar yang saat ini sedang terjadi.
“Di tengah perubahan lansekap perekonomian akibat pandemi ini, kami akan menghadirkan akses pasar dan peluang perdagangan global yang lebih baik dengan memanfaatkan platform digital
serta keahlian perdagangan global yang kami miliki selama dua dekade ini,” ” ujar Zhang Kuo, General Manager, Alibaba.com.
Berbeda dengan peritel dan produsen Fast-Moving Consumer Goods (FMCG), memasuki dunia online dan pasar global sering kali dianggap lebih menantang bagi para pelaku IKM dan UKM
B2B. Untuk itu, Alibaba.com berupaya untuk memberikan kemudahan bagi UKM yang ingin memulai atau mengembangkan operasi perdagangan B2B di Alibaba.com sebagai anggota
supplier Alibaba.com, melalui kolaborasi dengan tiga channel partnernya di Indonesia yakni Andalin, ATT Group, dan Sinergi Sukses Digitalindo (SSD).
Anggota supplier baru akan didaftarkan dalam program 90 hari onboarding di Alibaba.com, yang bertujuan untuk meningkatkan traffic dan menghasilkan peluang bisnis tambahan bagi anggota
supplier baru. Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan AI untuk mencocokkan pembeli danpenjual dengan cepat dan akurat, ditambah dengan banyaknya jumlah permintaan informasi
(inquiry) dari calon pembeli di seluruh dunia setiap harinya di platform Alibaba.com.
Selain itu, pelaku IKM dan UKM Indonesia yang mendaftar untuk menjadi anggota supplier di Alibaba.com sebelum 30 Juni 2020 akan mendapatkan potongan 5% dari biaya keanggotaan tahunan.
Anggota supplier Alibaba.com akan mendapatkan keuntungan berupa akses ke serangkaian alat dan layanan yang meliputi custom digital storefront, analisis pembeli, iklan yang ditargetkan, dan
dukungan berupa kelas online, layanan pelanggan secara real-time dan lain-lain.
Bagi IKM dan UKM yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Project Sprout Up bisa mengunjungi tautan https://survey.alibaba.com/apps/zhiliao/WUtmuOPgb.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR