Perayaan ulang tahun Blibli melalui program Blibli 9th Anniversary Bagi-Bagi Hepi yang berlangsung pekan lalu menunjukkan pertumbuhan yang memuaskan.
Pemesanan tiga kategori produk meningkat signifikan hingga lebih dari tiga kali lipat selama satu minggu pelaksanaan program Blibli 9th Anniversary Bagi-Bagi Hepi dibandingkan bulan sebelumnya. Ketiga kategori yang mengalami pertumbuhan order tertinggi tersebut adalah Komputer dan Laptop, Handphone, Tablet, dan Aksesoris Gadget, serta Fashion Pria.
“Blibli begitu antusias dengan pencapaian ini, di mana seluruh rangkaian program ulang tahun ini mendorong order dengan begitu signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan yang semakin nyaman berbelanja online menggunakan kesempatan Anniversary untuk memenuhi segala kebutuhan mereka, termasuk yang sempat tertunda,” ujar Cindy Kalensang, VP Business Development Blibli selaku Project Lead Blibli 9th Anniversary: Bagi-Bagi Hepi.
Sejak Maret 2020, kategori kebutuhan pokok lah yang menunjukkan pertumbuhan. Pandemi mendorong pelanggan lebih banyak mengutamakan membeli kebutuhan pokok. Situasi pandemi membuat pelanggan lebih mempertimbangkan konsumsi produk lifestyle atau gadget yang termasuk kebutuhan tersier.
Namun pada program ulang tahun Blibli, terdapat pergeseran aktivitas belanja pelanggan. Pertumbuhan order yang signifikan ada pada kategori yang termasuk produk tersier, seperti peralatan elektronik, produk fashion, hingga gadget dan aksesoris lainnya. Hal ini menunjukkan masih adanya keinginan pelanggan untuk mendapatkan produk-produk lifestyle namun pelanggan menunggu waktu yang tepat. Kesempatan ini mereka dapatkan melalui berbagai promo yang diberikan Blibli selama sepekan penuh kemarin.
Menurut Blibli tren tersebut juga memperlihatkan bahwa program Blibli 9th Anniversary: Bagi-Bagi Hepi memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mendapatkan produk-produk lifestyle yang sudah masuk dalam wishlist atau daftar keinginan mereka. Cindy menambahkan, “Blibli mencoba melihat ini sebagai kesempatan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dari yang esensial hingga lifestyle dan kebutuhan berbasis hobi. Oleh karena itu kami mengajak dan bekerja sama dengan banyak sekali brand lifestyle,gadget, hingga produk elektronik yang memiliki daya tarik kuat untuk pelanggan.”
Selain memenuhi kebutuhan gaya hidup, pelanggan tetap memenuhi keperluan rumah tangga untuk satu hingga dua bulan ke depan. Para pelanggan juga memanfaatkan berbagai penawaran menarik untuk mendapatkan kebutuhan lainnya, seperti:
Kategori Bliblimart tetap menunjukkan pertumbuhan yang stabil dengan peningkatan order 3 kali lipat dibanding bulan sebelumnya. Di mana Blibli melihat ada tren pelanggan yang mempersiapkan kebutuhan pokok untuk beberapa waktu ke depan.
Lebih dari 50.000 kantong kecap manis, sekitar 70.000 kaleng susu steril, dan hampir 30.000 karton susu sapi 1 liter terjual selama program ulang tahun Blibli
Selain itu, kategori Kesehatan & Kecantikan serta Ibu & Anak juga menunjukkan pertumbuhan order yang tinggi yaitu 3 kali lipat dibandingkan dengan bulan sebelumnya
Pelanggan mencari peralatan rumah tangga berkualitas seperti robot pembersih ruangan, alat masak, hingga lemari
Gratis ongkos kirim tetap menjadi promo paling menarik untuk pelanggan, di mana pelanggan bisa mendapatkan produk kecantikan ternama dari Bali
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR