Adopsi Zoho Workplace mengalami peningkatan signifikan. Saat ini solusi yang ditawarkan oleh Zoho Corporation tersebut telah digunakan oleh 15 juta pengguna di seluruh dunia.
Pertumbuhan tak terduga disebut Zoho sebagai dampak dari pandemi serta peningkatan permintaan dari pemilik usaha yang mencari aplikasi bisnis terpadu yang lebih baik.
Permasalahan yang kerap dihadapi perusahaan saat ini adalah terciptanya silo, bukan hanya silo pada organisasi tetapi silo hingga di tingkat data. Walhasil, proses transformasi digital pun terganggu. Untuk menghadapi ini, Zoho menyarankan agar pemilik usaha merangkul infrastruktur perangkat lunak terpadu yang mendukung kolaborasi antardepartemen pada level yang lebih tinggi.
Zoho Workplace menyediakan platform terpadu termasuk surat elektronik, chat, konferensi audio dan video, penyimpanan file bersama, dan aplikasi kantor online yang mendukung produktivitas karyawan di mana saja. Hal ini sama seperti tempat kerja online di mana pengguna dapat bekerja sama secara intuitif dan aman, bertemu, berkolaborasi serta mencapai target yang sudah ditetapkan.
Adapun fitur-fitur yang ditawarkan platform ini di antaranya:
Zoho Mail: domain-based yang disesuaikan, e-mail bisnis terlindungi dengan Kalender, Tugas, Catatan serta Bookmark.
Zoho Cliq: pesan instan terlindungi dengan panggilan audio dan video. Zoho Cliq telah mengalami peningkatan 225% untuk pesan terkirim dan 1200% panggilan per hari sejak bulan Maret.
Zoho Meeting: Aplikasi rapat dan konferensi online. Penggunaan Zoho Meeting meningkat 772% sejak bulan Maret.
Zoho ShowTime: Solusi training online dan kelas virtual yang mengalami peningkatan 1100% sejak bulan Maret.
Zoho Connect: Intranet untuk organisasi dan platform media sosial untuk karyawan.
Aplikasi Perkantoran Zoho: aplikasi perkantoran online dengan fitur co-creating, review dan kolaborasi yang ditingkatkan. Aplikasi ini termasuk Zoho Writer, Zoho Sheeet, dan Zoho Show.
Zoho WorkDrive: cloud storage untuk seluruh organisasi dengan kemampuan berbagi file secara aman. Penggunaanya meningkat 300% sejak bulan Maret.
Dijalankan oleh Zia, asisten AI Zoho, mesin pencari dapat bekerja di seluruh kanal komunikasi dengan lancar, menangkap informasi di seluruh email, pembicaraan chat, forum internal dan dokumen bisnis. Hal ini meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan tanpa mengganggu tugas. Perpaduan aplikasi berkemampuan hebat ini mendorong pengguna bekerja sesuai konteks tanpa perlu berganti platform.
“Aplikasi kolaborasi yang beredar di luaran seringkali sulit digunakan untuk kolaborasi. Saat ini, kita bisa menggunakan satu vendor untuk chat, vendor lain untuk email, vendor yang berbeda lagi untuk rapat, serta untuk mengatur dokumen dan aplikasi kantor. Penggunaan banyak aplikasi dari vendor yang berbeda mengganggu produktivitas karyawan,” ujar Gibu Mathew, Vice President, dan GM, Asia Pacific Zoho Corp.
Zoho juga memastkka data pelanggan dirahasiakan dan dilindungi. Hanya pengguna sendiri yang dapat mngatur kepemilikan data tersebut.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR