Di zaman sekarang, tak sedikit para perempuan yang memilih menjalani karirnya di bidang IT (Informasi Teknologi).
Salah satunya seperti sosok perempuan bernama Erika Hutapea, yang berkarir sebagai Data Analyst Lead di perusahaan e-commerce Tokopedia.
Di Tokopedia sendiri, Erika memulai karirnya sebagai Data Analyst sejak akhir 2017 lalu.
“Tokopedia adalah ekosistem yang tepat untuk mengembangkan talenta digital di Indonesia. Selama ini, kami terus ditanamkan memiliki Growth Mindset, salah satu DNA Tokopedia, agar dapat terus mengintegrasikan teknologi guna membawa dampak lebih besar, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelas perempuan berusia 28 tahun tersebut.
Erika saat ini dipercaya memimpin tim Data Analyst untuk TopAds di Tokopedia. Praktiknya, Erika bersama tim membantu mengoptimalkan penjualan para pegiat usaha di Indonesia yang bergabung bersama Tokopedia, terutama yang sudah menggunakan fitur TopAds, melalui pemanfaatan teknologi big data.
Sekadar informasi, TopAds adalah fitur Tokopedia yang dapat digunakan untuk memaksimalkan penjualan dengan menampilkan produk yang dijual tampil pada peringkat teratas.
Baca Juga: Inilah Cara Tokopedia Kelola Infrastuktur dengan SRE dan Multi Cloud
Menurut Erika, data analyst berperan untuk mengatur produk apa saja yang menarik perhatian pembeli, serta memastikan bahwa setiap penjual memiliki kesempatan yang sama untuk terekspos ke lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia.
“Seorang data analyst adalah seorang konsultan. Kami bertugas memberikan informasi kepada penjual mengenai keyword yang sedang menjadi tren sehingga bisa dimanfaatkan untuk mendorong penjualan mereka,” tutur Erika.
Kembali diterangkan Erika, bahwa sebenarnya ada beberapa kemampuan utama yang harus dimiliki seorang data analyst.
Di antaranya yaitu kemampuan berpikir logis dan terstruktur, kemampuan teknis seperti matematika, bahasa pemrograman, serta pengetahuan bisnis.
Di sisi lain, Erika juga selalu percaya bahwa bidang teknologi adalah bidang karir yang tidak memandang gender, melainkan kemampuan.
“Tidak peduli perempuan atau laki-laki, kami di Tokopedia selalu diberikan ruang yang sama dalam berkarya untuk memajukan Indonesia melalui teknologi,” pungkas Erika.
Baca Juga: Tokopedia: Pesanan Lewat TokoCabang Naik 2,5 Kali Lipat Saat Pandemi
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR