E-commerce Tokopedia meluncurkan program baru yaitu ‘Rabu Nabung,’ yang bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan masyarakat dalam berinvestasi.
Setiap Rabu, masyarakat yang membeli reksa dana melalui Tokopedia bisa memperoleh gift card hingga Rp75 ribu, sedangkan yang menabung emas, berkesempatan mendapat cashback hingga Rp250 ribu.
“Lewat inisiatif ini, kami berharap menabung bisa tetap menjadi sebuah kebiasaan walau di tengah pandemi. Melalui Tokopedia, masyarakat bisa berinvestasi mulai dari Rp5.000 untuk emas dan Rp10.000 untuk reksa dana,” ujar Vira Widiyasari, VP of Fintech and Payment Tokopedia.
Vira pun menjelaskan alasan Tokopedia mengedepankan dua instrumen investasi tersebut, “Emas adalah produk investasi jangka panjang yang sudah sejak lama menjadi primadona karena harganya yang cenderung naik, sedangkan reksa dana pasar uang memiliki risiko rendah dan keuntungan relatif tinggi.”
“Penetrasi dua produk investasi, yang dinilai ramah terutama kepada investor pemula ini, diharapkan bisa mendorong masyarakat mengenal produk investasi lebih lanjut lainnya dan secara umum meningkatkan literasi, serta inklusi keuangan di Indonesia,” lanjut Vira.
Lebih lanjut, dalam menghadirkan layanan investasi Reksa Dana, Tokopedia bekerja sama dengan Bareksa sejak 2018 lalu.
Senior Lead Fintech Tokopedia, Marissa Dewi, mengatakan, “Selama dua tahun ke belakang, transaksi Tokopedia Reksa Dana bertumbuh hampir 27 kali lipat. Jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Reksa Dana pun bertumbuh lebih dari 57 kali lipat.”
Baca Juga: Bukan Tokopedia, Siapakah Penguasa Pasar Ecommerce di Indonesia?
Kenaikan signifikan ini didorong sejumlah nilai tambah dalam menabung reksa dana lewat Tokopedia Reksa Dana.
Mulai dari proses pendaftaran dan pencairan yang instan hanya dalam hitungan menit, tidak adanya biaya transaksi, hingga keuntungan hingga 6,5% per tahun yang sudah bersih dari pajak.
“Masyarakat juga bisa memanfaatkan fitur Dana Impian dan Langganan Reksa Dana untuk membiasakan berinvestasi reksa dana secara teratur dan berkala sekaligus meningkatkan kemampuan manajemen keuangan demi mencapai tujuan finansial tertentu,” terang Marissa.
Sedangkan dalam menghadirkan layanan investasi emas, Tokopedia menggandeng Pegadaian sejak tahun 2019.
“Sama halnya dengan reksa dana, emas pun semakin diminati masyarakat. Terbukti dari data internal Tokopedia yang menunjukkan bahwa selama satu tahun ke belakang, jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Emas bertumbuh hampir 20 kali lipat. Transaksi Tokopedia Emas pun bertumbuh hampir 30 kali lipat.” papar Marissa.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR