Platform komunikasi cloud global, Infobip, meluncurkan Moments, omnichannel customer engagement hub terbaru yang dapat membantu brand memahami dan menjangkau pelanggan era digital yang saling terhubung.
Inisiatif transformasi digital yang dilakukan oleh para perusahaan dan brand mengalami akselerasi, sebagai salah satu upaya penyesuaian terhadap ‘new normal’, dampak dari pandemi yang terjadi di seluruh dunia. ‘Moments’ memanfaatkan sistem telekomunikasi legacy mobile-first dari Infobip untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen pengembanganan saluran-saluran komunikasi digital terkemuka di dunia. Saluran-saluran itu mencakup aplikasi chatting(Whatsapp, Viber, Facebook Messenger, Line, KakaoTalk, dll) SMS, email, pesan suara, aplikasi ponsel, website, dan saluran yang sedang tumbuh, seperti RCS.
Pesan yang dipersonalisasi sering digunakan pemasar untuk mengapresiasi pelanggan sambil menawarkan promosi/layanan yang dikhususkan untuk pelanggan. Melalui ‘Moments’, pemasar dapat meningkatkan interaksinya dengan pelanggan dan memberikan penawaran yang relevan lewat channel yang tepat.
Platform 'Moments' membantu pemasar dan brand untuk membuat dan melaksanakan kampanye yang sangat efektif dan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih dekat dengan menyediakan pandangan yang menyeluruh mengenai pelanggan serta menyatukan aplikasi komunikasi paling populer saat ini ke dalam satu platform. Hal ini membuat brand dapat menjangkau pelanggan mereka melalui saluran komunikasi pilihannya dengan konten kontekstual yang dapat membantu menghasilkan performa bisnis yang positif.
Brands dan pemasar dapat menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan melalui pesan yang dipersonalisasi yang langsung menjawab kebutuhan mereka. Contoh lain dari ini adalah pelacakan pesanan. Dengan meningkatnya perilaku belanja online, orang secara teratur melacak pesanan mereka untuk memastikan pengiriman tepat waktu dan menghindari kehilangan barang. Platform ‘Moments’ memberi pesan yang memberikan rasa tenang bagi mereka, karena memungkinkan brands untuk secara proaktif memperbarui status pesanan mereka. Kemampuan ini adalah kombinasi antara strategi komunikasi, data, dan teknologi backbone sehingga dapat mengirimkannya ke orang yang tepat dengan pesan yang tepat.
Nofita Sari, Country Manager Infobip Indonesia,mengatakan, “Dalam situasi yang tidak pasti seperti saat ini, masyarakat bisa menjadi cemas, bingung, dan dalam beberapa kasus sangat membutuhkan layanan tertentu. Hal ini terutama terjadi dengan penerapan ulang PSBB di ibu kota dan mungkin kota-kota lain di seluruh Indonesia karena pandemi. Situasi ini juga memengaruhi cara brand berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Mengelola pertanyaan dan harapan pelanggan, dan sekadar mengetahui pelanggan tidak cukup saat ini. Untuk memberikan layanan terbaik,brandsperlu memahami dan berempati dengan pelanggannya, serta tetap terhubung melalui saluran komunikasi yang berbeda. Dalam situasi saat ini, manusia membutuhkan koneksi lebih dari sebelumnya.”
Adrian Benic, VP Products, Infobip menambahkan, “Saat ini, kita perlu memahami ekosistem serta melakukan perencanaan customer engagement yang sesuai. Berdasarkan perilaku tersebut, solusi 'Moments' kami memungkinkan pemasar untuk menawarkan pengalaman yang benar-benar menarik dengan menyampaikan pesan di berbagai saluran yang diprogram dan ditawarkan oleh berbagai platform untuk konsumen modern saat ini pada waktu yang tepat. Solusi ini adalah bagian dari evolusi yang didorong oleh ‘new normal’' - menjadi bentuk pemasaran yang berpusat pada pelanggan. ”
Fitur utama dari solusi ‘Moments’ meliputi:
Memungkinkan pemasar untuk membuat, mengatur dan menjalankan kampanye melalui portofolio channel yang luas dari Infobip hanya melalui satu interface. Penyampaian pesan dapat dikirim dan diukur pada waktu yang tepat melalui saluran yang disukai dan paling relevan bagi pelanggan
Membuat profil pelanggan yang lebih lengkap dengan menghubungkan dan menyatukan data dari berbagai sumber, memungkinkan bisnis untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan dan membuat kampanye yang lebih personal.
Personalisasi pesan kampanye dalam skala besar dengan mensegmentasikan audiens berdasarkan peristiwa,tags, perilaku, atau acara khusus.
Kemampuan untuk mengaktifkan, dan melibatkan kembali konsumen melalui kampanye multistep yang otomatis, berdasarkan peristiwa dan perilaku pelanggan.
Melalui peristiwa dan analisis segmen, bisnis dapat mengoptimalkan interaksi pelanggan dengan menetapkan sasaran untuk melacak konversi dan mengakses laporan saluran berdasarkan wawasan. Ada juga kemampuan untuk menguji pesan dan saluran mana yang mendapatkan hasil keterlibatan maksimum dengan pengujian A/B.
“Peluncuran tersebut menandakan tujuan kami untuk menghadirkan sentuhan manusia pada komunikasi di era dimanasegala halterhubungdan dimanakebanyakan orangmengkonsumsiinformasi melalui aplikasi atauponsel mereka. Hal inidimulai dengan menciptakan momen atausituasi,interaksi dengan mereka, dan kemudian mengubahnya menjadi hubungan melalui percakapan. Kami disiniinginmembantu agarpemasar dapatmelakukantransformasi digital yangdibutuhkantidak hanya untuk saat ini, tetapi dimasa yang akan datang,” ujar Adrian Benic.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR