Sebagai upaya untuk membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19 yang tengah terjadi, Tokopedia melalui Tokopedia Salam sejak beberapa waktu lalu telah menghadirkan tiga inisiatif, yaitu Lawan COVID-19, Redam COVID-19 dan Pulih dari COVID-19.
Ketiga inisiatif ini mengajak masyarakat berdonasi secara digital untuk membantu penanganan pandemi dari berbagai sisi.
“Sejak Maret, pengguna Tokopedia telah berdonasi lebih dari Rp33 miliar yang disalurkan ke seluruh Indonesia melalui lembaga sosial terhubung,” ujar Garri Juanda, Head of Tokopedia Salam.
Melalui kampanye berdonasi tersebut, donasi yang terkumpul disalurkan dalam bentuk pengadaan APD (Alat Pelindung Diri), Ventilator, rapid test gratis di sarana publik, bantuan disinfektan untuk masjid, serta THR dan sembako.
Mitra-mitra (lembaga sosial) yang mendukung kampenye berdonasi itu sendiri di antaranya BenihBaik.com, PKPU Human Initiative, WeCare.id, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa dan NU CARE-LAZISNU.
Untuk donasi ventilator misalnya. Tokopedia bekerja sama dengan Rumah Zakat dalam menyalurkan donasi untuk pengadaan 54 unit ventilator bagi pasien di rumah sakit rujukan di Medan, Pontianak, Bandung, Solo, Surabaya dan Jakarta. Tokopedia juga menggandeng ITB dan UI sebagai mitra pengadaan ventilator.
Baca Juga: Sebelas Tahun Tokopedia Menghadirkan Inovasi Digital di Tanah Air
Donasi Hadapi PSBB Jilid II
Dalam periode PSBB kedua DKI Jakarta yang diberlakukan saat ini, Tokopedia kembali bekerja sama dengan BenihBaik.com, Rumah Zakat dan WeCare.id untuk membuka dua kanal donasi dan mengajak masyarakat untuk membantu pengadaan APD dan multivitamin bagi tenaga medis.
“Masyarakat dapat berpartisipasi dalam membantu tenaga kesehatan, termasuk dokter dan layanan medis lainnya, dalam penanganan COVID-19, dengan berdonasi mulai dari Rp5.000 saat berbelanja atau dengan mengetik ‘Donasi’ pada kotak pencarian aplikasi dan situs Tokopedia,” jelas Garri.
“Tokopedia selalu percaya bahwa kolaborasi bersama para mitra strategis, termasuk pengguna, melalui pemanfaatan teknologi adalah salah satu kunci menghadapi pandemi. Semoga donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu mereka yang terdampak sekaligus menginspirasi lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama,” tutup Garri.
Baca Juga: Bukan Tokopedia, Siapakah Penguasa Pasar Ecommerce di Indonesia?
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR