Hasil riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menunjukkan mayoritas konsumen (93%) menganggap keamanan layanan Gojek lebih baik dari standar industri.
Kebanyakan dari konsumen (86%) juga merasa aplikasi Gojek membantu mereka beradaptasi dengan kebiasaan baru dan tetap produktif selama pandemi COVID-19.
Kemudian, riset menemukan bahwa mayoritas konsumen menjadi lebih sering dalam menggunakan layanan GoFood (65%), GoPay (68%), Paylater (57%) dan GoSend (36%) dibandingkan sebelum pandemi.
Hal ini juga tampak dari meningkatnya rata-rata pengeluaran konsumen per bulan untuk layanan belanja kebutuhan sehari-hari (GoMart, 44%), pemesanan makanan (GoFood, 26%).
Secara keseluruhan jumlah saldo GoPay yang digunakan oleh konsumen per bulan meningkat 8%.
Dr. Alfindra Primaldhi, Peneliti LD FEB UI, mengatakan, “Hasil dari riset kami menunjukkan situasi pandemi mendorong perubahan perilaku dari konsumen, dan tampaknya terjadi percepatan proses digitalisasi oleh konsumen di Indonesia. Selama pandemi konsumen semakin bergantung pada layanan digital tradisional, seperti pemesanan makanan, pengiriman barang dan pembayaran digital.”
Baca Juga: GoFood Tawarkan Banyak Promo hingga 1 Desember
Secara rerata ada peningkatan nilai dan jumlah transaksi saat pandemi, baik di dalam maupun di luar ekosistem Gojek.
Hal tersebut menunjukkan bahwa konsumen yang sudah biasa menggunakan layanan dan didukung dengan penghasilan yang cukup, semakin intens menggunakan layanan digital.
Penelitian ini juga mengungkap berkurangnya mobilitas masyarakat selama pandemi, terlihat dari berkurangnya pengeluaran konsumen (-18%) untuk layanan transportasi, khususnya layanan roda dua GoRide.
Hal ini wajar terjadi akibat adanya peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mengharuskan konsumen untuk lebih banyak beraktivitas di rumah.
Untuk diketahui, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui survei mandiri yang disebarkan secara daring dengan periode penelitian dilaksanakan di bulan September 2020.
Populasi penelitian ini adalah konsumen dalam database Gojek yang aktif menggunakan layanan Gojek dalam satu bulan terakhir.
Total responden yang menyelesaikan seluruh kuesioner dan dapat dilakukan analisis adalah 4.199 orang.
Hasil penelitian ini dapat digeneralisir pada populasi konsumen Gojek, dengan tingkat kepercayaan 95% (M.o.e +/- 1,5%).
Baca Juga: Gojek Berikan Beasiswa Diploma Tiga ke Putra dan Putri Mitra Driver
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR