Adjust hari ini mengumumkan produk Pelacakan Langganan yang ditujukan untuk melacak perihal kinerja dari paket berlangganan aplikasi seluler atau smartphone. Kehadiran Pelacakan Langganan sejalan dengan makin meningkatnya model monetisasi berbasiskan paket berlangganan aplikasi seluler. Dengan Pelacakan Langganan dari Adjust, pemasar bisa mengetahui karakteristik dari paket berlangganan yang diukur sehubungan pengguna secara mendalam, untuk membuat model CLV (costumer lifetime value) yang akurat demi meningkatkan ROI (return of investment).
Berdasarkan suatu suatu survei yang baru dilakukan Adjust, konsumen di Amerika Serikat rata-rata menghabiskan US$20,78 per bulan untuk paket berlangganan aplikasi. Bahkan, menurut Apptopia, paket berlangganan berbasis aplikasi diperkirakan menghasilkan lebih dari US$200 juta pada bulan Agustus 2020. Selain itu, menurut survei yang dilakukan Adjust, 46,9% pengguna kini makin sering menggunakan smartphone untuk layanan streaming video/TV pada masa pembatasan sosial dan mereka makin banyak melakukannya dengan menggunakan aplikasi berlangganan.
“Pertumbuhan aplikasi berbasis paket berlangganan telah meningkat tahun ini karena pengguna menggunakan perangkat seluler untuk beragam aktivitas, seperti hiburan dan e-commerce hingga fitness dan keuangan,” ujar Paul H. Müller (Co-founder dan CTO Adjust). “Oleh karena itu, kami merasa senang karena dapat menawarkan solusi pertama di industri yang membantu pemasar seluler untuk mengelola event dan pendapatan dari paket berlangganan konsumen, ini memberikan informasi yang lebih detail tentang cara pengguna membeli model berlangganan,” sambungnya.
Seperti telah disebutkan, melalui Pelacakan Langganan yang ditawarakan Adjust, perusahaan atau pemasar bisa mendapatkan informasi akan pengguna paket berlangganan aplikasi seluler. Informasi yang bisa diperoleh seperti sudah atau belumnya suatu pengguna memulai trial, terjadi tidaknya konversi pengguna setelah trial, apakah pengguna berlangganan dengan penawaran diskon, diperpanjang tidaknya paket berlangganan, serta apakah paket berlangganan dibatalkan.
Berkat berbagai informasi tersebut, pemasar bisa mengidentifikasi kanal pemasaran yang mendorong paket berlangganan yang bertahan lama dan paling bernilai. Pemasar juga bisa berinvestasi dengan lebih akurat untuk mengakuisisi pengguna, serta menjalankan kampanye pelibatan untuk meningkatkan loyalitas dan mencegah pengguna berhenti berlangganan.
KOMENTAR