Alibaba Group resmi mengumumkan dimulainya Festival Belanja 11.11 di negeri tirai bambu.
Berbeda dengan perhelatan di tahun-tahun sebelumnya, 11.11 tahun ini menghadirkan beberapa inovasi inovasi dan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan tren pelanggan yang terus berubah.
Di antaranya yakni partisipasi platform gaya hidup digital Alipay, etalase belanja “double” yang bisa menaungi lebih banyak brand, produk, dan penawaran khusus, serta teknologi livestreaming untuk menghadirkan interaksi yang lebih menarik bagi konsumen.
Yang menariknya, 11.11 tahun ini memperluas konsep “single” menjadi “double”, yakni untuk memberdayakan para merchant agar dapat menggandakan jangkauan promosi produk mereka kepada konsumen di penjuru Tiongkok, tidak hanya sekali, namun dua kali.
Festival belanja tahun ini akan menghadirkan periode belanja tambahan selama 1-3 November, sebelum acara utama tanggal 11 November, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para merchant, terutama brand baru dan usaha kecil, untuk memamerkan produk mereka dan berbagi cerita mengenai brand mereka saat pandemi.
Untuk tahun ini sendiri, lebih dari 2 juta produk akan diluncurkan, di mana angka tersebut dua kali lipat dari jumlah produk yang diluncurkan tahun lalu.
“Melalui ekspansi ‘single’ menjadi ‘double’ kami, Festival Belanja 11.11 akan menawarkan berbagai peluang bagi para merchant online dan offline untuk dapat menjangkau pembeli serta menghadirkan pengalaman belanja yang lebih baik bagi para konsumen,” jelas Jiang Fan, President of Taobao and Tmall.
Lebih lanjut, pengalaman festival belanja tahun ini juga akan ditingkatkan oleh platform gaya hidup digital Alipay, yang mengumpulkan lebih dari 2 juta penyedia jasa lokal yang menawarkan berbagai promosi spesial di lebih dari 100 kota.
Usaha mikro dan kecil offline di penjuru Tiongkok, seperti pedagang kaki lima dan toko serba ada lokal, akan dapat berpartisipasi dalam 11.11 melalui platform Alipay.
Baca Juga: Adopsi Cloud Jadi Langkah Garuda Indonesia untuk Dukung Proses Transformasi Digital
Live Streaming dan Logistik sebagai Inti dari Festival Belanja
Live streaming diperkirakan akan menjadi pusat perhatian pada Festival Belanja 11.11 tahun ini. Di samping sesi livestreaming yang dipimpin oleh berbagai live streamer, 400 eksekutif perusahaan dan 300 selebriti, sesi livestreaming individual juga akan diadakan.
Platform Taobao Live akan menawarkan berbagai jenis sesi mulai dari kosmetik, elektronik, mobil, dan properti.
Fitur baru seperti viewing properti online dan virtual test drive akan menghadirkan pengalaman yang lebih realistis dan imersif dalam membantu pembeli mengambil keputusan mereka.
“DAMO Academy Alibaba akan menggunakan teknologi artificial intelligence untuk meluncurkan live streaming host virtual pertamanya, sementara Fliggy akan memimpin live streaming terkait travel,” cetus Jiang Fan.
Selain itu, teknologi dan infrastruktur logistik Alibaba juga nyatanya menjadi tulang belakang dari Festival Belanja 11.11 ini.
Hal itu di mana Cainiao akan menjalankan sekitar 700 penerbangan saat 11.11, dan lebih dari 50% pengiriman lintas batas tahun ini diperkirakan akan sampai dua kali lebih cepat daripada durasi pengiriman biasanya.
Turut Diterapkan Lazada
Seperti diketahui, Lazada merupakan perusahaan e-commerce yang telah diakusisi Alibaba sejak beberapa tahun lalu.
Kini, Lazada akan menjadi e-commerce pertama yang membawa konsep Festival Belanja 11.11 di enam negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
Festival belanja seperti 11.11 juga telah menjadi salah satu pendorong pertumbuhan industri utama dengan partisipasi usaha kecil menengah dalam acara terbesar LazMall, online mall menaungi lebih dari 18.000 brand lokal dan internasional.
“Tahun ini, Lazada akan melanjutkan fitur shoppertainment-nya yang meliputi live streaming, gim bagi pembeli, dan inovasi seperti voice search untuk mencari produk,” pungkas Jiang Fan.
Baca Juga: Alibaba Cloud Digitalkan Siaran Olahraga dengan Beragam Solusi AI
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR