CIMB Niaga terus memperkuat sistem dan fitur keamanan aplikasi digital banking OCTO Mobile demi keamanan dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi.
Keamanan bertransaksi merupakan hal mendasar yang menjadi salah satu fokus penting di perbankan dan juga perlu menjadi perhatian nasabah. Aplikasi digital banking dengan tingkat keamanan yang baik tentu akan membuat nasabah lebih tenang dalam melakukan transaksi untuk memenuhi beragam kebutuhan finansialnya.
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), misalnya, membekali aplikasi digital banking OCTO Mobile yang banyak bisanya dan bisa semaunya, dengan infrastruktur keamanan yang kuat sehingga nasabah dapat bertransaksi secara aman dan nyaman.
Head of Digital Banking and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi mengatakan, keamanan bertransaksi menjadi fokus CIMB Niaga dalam mengembangkan OCTO Mobile. Karena itu, sejak awal CIMB Niaga telah menyiapkan sistem keamanan berlapis dan beragam fitur yang dapat diatur nasabah untuk meningkatkan keamanan bertransaksi.
“Salah satu terobosan yang kami lakukan yaitu menerapkan fitur 1 perangkat 1 nomor ponsel dan 1 user. Dengan ketentuan tersebut, aplikasi digital banking ini menjadi lebih aman karena hanya dapat diakses melalui nomor ponsel dan perangkat yang terdaftar di CIMB Niaga. Dengan begitu, nasabah dapat menggunakan OCTO Mobile dengan nyaman,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (27/10/2020).
Selain itu, CIMB Niaga juga menerapkan sistem login dan verifikasi transaksi menggunakan identitas rahasia yang hanya diketahui oleh nasabah. Pertama, User ID yang dipakai untuk login. Kedua, Passcode yang terkirim ke nomor ponsel nasabah setiap kali login ke OCTO Mobile. Ketiga, PIN OCTO Mobile yang digunakan untuk mengkonfirmasi transaksi.
Bambang menjelaskan, identitas rahasia tersebut dapat memproteksi nasabah saat login, melakukan verifikasi transaksi atau pengaturan di OCTO Mobile. “Kami terus mengedukasi nasabah agar menjaga identitas rahasia tersebut serta tidak memberitahukannya kepada siapa pun dengan alasan apapun,” ujar Bambang.
Adapun fitur keamanan lain yang dapat diatur adalah notifikasi transaksi. Nasabah akan menerima notifikasi berupa SMS atau e-mail atau push notifikasi ke nomor ponsel atau e-mail yang terdaftar setiap melakukan transaksi di OCTO Mobile. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengetahui dan memonitor aktivitas keuangan yang dilakukan melalui OCTO Mobile.
Nasabah juga dapat membatasi limit transaksi di OCTO Mobile sesuai dengan batas kewajaran yang diinginkan, mulai dari Rp10 ribu sampai maksimum sebesar Rp500 juta. Dengan pengaturan tersebut, apabila terdapat transaksi melebihi batas yang telah ditetapkan, transaksi tidak dapat dilakukan. Fitur lainnya adalah blokir dan lepas blokir yang membantu nasabah agar tetap aman ketika kartu kredit atau debitnya hilang.
“Dengan sistem dan fitur keamanan yang berlapis, OCTO Mobile dapat melayani beragam kebutuhan finansial secara aman dan nyaman. CIMB Niaga berkomitmen untuk terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur transaksi yang lengkap tanpa melupakan aspek keamanan. Upaya ini diilakukan untuk memberikan customer experience yang baik dalam situasi apapun,” tutur Bambang.
Melalui OCTO Mobile, masyarakat bisa membuka rekening untuk pertama kali kendati belum memiliki rekening CIMB Niaga. Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat menikmati beragam layanan dengan dukungan keamanan yang tinggi.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR