Penulis: Alessandro Chimera (Director Digitalisation Strategy, TIBCO)
Industri manufaktur telah menjadi tempat kelahiran penemuan, penemuan kembali, dan bahkan mungkin ‘pembatalan penemuan' (penghancuran proses dan sistem yang berkinerja buruk dan merekayasa ulang mereka) selama lebih dari 150 tahun.
Dunia praindustri pada awal tahun 1800-an dan sebelumnya dihuni oleh para pengrajin, yang merupakan spesialis dalam disiplin kreatif khusus mereka. Para profesional yang terampil ini harus menemukan peran baru di akhir abad ketika revolusi industri menciptakan mesin bubut otomatis dan tiba-tiba kita memiliki sarana untuk membuat sekrup dengan mesin. Kerajinan di masa lampau tidak ditemukan dan pekerja terpintar menemukan peran baru untuk diri mereka sendiri di titik baru dalam lini produksi.
Tanggung jawab yang sama untuk beradaptasi telah mengubah bisnis manufaktur selama lebih dari 50 tahun terakhir sepanjang revolusi PC, yang telah memperlihatkan peningkatan jumlah robot dan manajemen mesin yang dikendalikan komputer.
Sejarah singkat industri semuanya membawa kita mulai dari Industri 0.0 (pengrajin kerajinan tangan) ke Industri 1.0 (uap dan mekanisasi), Industri 2.0 (mesin pembakaran, listrik dan standardisasi), Industri 3.0 (komputer dan telekomunikasi), dan sekarang ke Industri 4.0 (Internet dan cyber-physical systems).
Tahap Selanjutnya dari Pembatalan Penemuan (Uninvention)
Sama seperti era 4.0 saat ini yang menghasilkan tenaga (karena menginginkan frase yang lebih kontemporer), kita tentu saja telah hidup melalui pandemi global. Jadi pertanyaan yang harus kita tanyakan pada diri kita sekarang adalah: elemen apa dari era pemanufakturan yang digerakkan oleh data yang selanjutnya membutuhkan penemuan, penemuan kembali, dan penghapusan/pembatalan penemuan?
Area paling mendesak untuk pembatalan penemuan adalah setiap proses dan sistem yang gagal bergerak menuju transformasi digital. Ya, itu istilah yang terlalu sering digunakan, tetapi dalam konteks ini yang dimaksud dengan beban kerja pemanufakturan apa pun yang tidak sepenuhnya menggunakan data potensial dan memanfaatkannya untuk meningkatkan produksi dan untuk terlibat dengan seluruh rantai pasokan di dalamnya.
Pandemi telah menunjukkan kepada kita di mana operasional pemanufakturan paling tidak gesit dan dapat berubah ke apa yang disebut normal baru. Lebih lanjut, seharusnya juga membantu menunjukkan di mana ekosistem pemanufakturan paling tidak tahan banting, tidak berkelanjutan, dan paling tidak dapat ditemukan serta mampu beradaptasi.
Volatilitas dan Varian yang Luas
Meskipun kami menggunakan istilah uninvention (pembatalan/ penghapusan penemuan) ini dengan sedikit lisensi artistik (Anda dapat memeriksa Oxford English Dictionary atau Merriam-Webster, istilah itu tidak ada), ini membantu kami menggambarkan fakta bahwa kekuatan yang mengganggu, seperti yang kita alami pada tahun 2020, bisa terjadi kapan saja.
Di bidang manufaktur saat ini dan selanjutnya, kita perlu ingat bahwa gangguan disebabkan oleh sejumlah alasan berbeda. Perubahan tingkat platform dalam teknologi dapat berdampak besar (misalnya pembuatan aditif yang terjangkau). Meskipun saat ini sangat mahal untuk banyak industri, pencetakan 3D bisa menjadi pengganggu nyata jika harganya menjadi lebih terjangkau. Selain itu, karena produk itu sendiri berubah dari ‘bodoh’ menjadi ‘pintar’, hal ini mengubah hubungan mereka dengan pelanggan. Pertimbangkan juga analitik data yang didemokratisasi untuk semua, atau bahkan 'Twitter berikutnya' (jika sudah tersedia), dan seterusnya. Semua faktor ini sangat mengganggu meskipun merupakan kemajuan positif. Dan ketika hal itu merupakan kekuatan negatif yang diciptakan oleh pesaing, efeknya bisa bertambah.
Dalam jangka panjang, perubahan dalam kebiasaan, selera, serta tren konsumen juga dapat mendorong gangguan pemanufakturan, begitu juga dengan volatilitas ekonomi atau kekuatan alam. Bayangkan industri otomotif selama pandemi global ini; pekerja yang terjebak di rumah tidak membutuhkan mobil atau transportasi umum. Alhasil yang sukses adalah yang menemukan “jalan” mereka ke kantor dan memastikan mereka memiliki alat yang kuat untuk bekerja dari jarak jauh dan aman.
Pandemi telah mendorong kita menuju masa depan pemanufakturan sampai hampir lima tahun ke depan. Sebelumnya, banyak perusahaan yang memulai atau berencana memulai transformasi digital. Tiba-tiba, faktor kritis baru yang tidak terduga ditambahkan: bertahan dalam bisnis.
Cloud Memberikan Jalannya
Pentingnya layanan TI yang berpusat pada cloud, berbasis layanan, tidak dapat dilebih-lebihkan dalam konteks bagaimana pemanufakturan sekarang akan berkembang. Kita sudah dapat melihat bahwa sebanyak 40% pabrik menggunakan data sensor IoT untuk mendiagnosis masalah dan mengurangi down time, yang memerlukan pemeliharaan prediktif yang dikirimkan dari mesin komputasi backend pada pusat data. Pada saat yang sama, 50% infrastruktur TI baru akan diterapkan di edge; konektivitas adalah kuncinya.
Kita juga tahu bahwa pemanufakturan ‘masa depan’ akan menjadi sebagian virtual dan melihat sekitar 35% pertumbuhan digital twins. Tujuannya tentu untuk membuat representasi virtual dari pabrik untuk memantau secara real-time apa yang terjadi dan pada akhirnya menyimulasikan produksi baru untuk memeriksa apakah pengaturan mesin saat ini dapat mempertahankan produksi baru tersebut. Namun, secara keseluruhan konsep manufacturing as a service dapat diperoleh dengan menerapkan lima prinsip inti atau lima Cs: connected (konektivitas), collaborative (kolaboratif), cloud-centric (cloud-sentris); customer-focused (berfokus pada pelanggan), dan continuous (berkelanjutan – dalam hal perbaikan, untuk belajar dari masa lalu).
Jika kita dapat mewujudkan kelima C dalam pendekatan strategis menghadap ke depan untuk pengembangan, kita dapat menggunakan cloud untuk mendorong pemanufakturan ke titik di mana kita memperjuangkan strategi yang mengutamakan API dan menawarkan layanan manufaktur melalui API eksternal ke dunia luar dan API internal ke dunia internal. Tidak hanya berintegrasi dengan penyedia atau mitra software as a service, tetapi bayangkan jika sebuah pabrik dapat menerima pesanan Anda untuk menghasilkan stok produk yang terdefinisi dengan baik dan setelah selesai, dikirimkan atas nama Anda ke pabrik lain yang mengkhususkan diri dalam pengemasan.
Saat mengadopsi strategi berbasis cloud, platform harus mendukung pengembangan kode rendah (low-code) untuk secara visual membuat aliran integrasi guna mempercepat waktu ke pasar dan membuat layanan atau aplikasi baru yang inovatif. Ini akan membantu memberikan tingkat demokrasi baru kembali kepada orang-orang untuk memberdayakan semua tingkat pengguna untuk berkolaborasi serta menciptakan lebih banyak sinergi dengan proses dan teknologi. Cloud juga merupakan langkah menuju pembuatan arsitektur responsif berbasis peristiwa yang modern. Dengan arsitektur responsif, dimungkinkan untuk memproses peristiwa pabrik yang kritikal secara real-time dan mendukung operasional dengan tindakan segera. Anda mendapatkan kelincahan yang diperlukan bagi apa yang disebut normal baru.
Arsitektur hybrid cloud memungkinkan kita memutuskan aplikasi atau sistem apa yang akan dimigrasi serta menentukan waktunya. Meskipun kita berbicara tentang gangguan, transformasi positif, dan pembatalan penemuan, tidak ada masalah pemanufakturan yang boleh beralih ke cloud dengan pendekatan big bang. Dalam arsitektur cloud-native modern, dimungkinkan untuk menyediakan penskalaan out of the box untuk meningkatkan ketersediaan layanan serta mempercepat siklus rilis layanan baru. Dan semua ini terjadi dengan peningkatan pemrosesan di edge (yaitu pada perangkat IoT itu sendiri) yang memanfaatkan pola komputasi 5G dan tanpa server.
Menghilangkan Era Pemanufakturan Berikutnya
Pemanufakturan dalam bentuk apa pun tidak akan hilang dalam waktu dekat. Namun, jika produsen ingin tetap kompetitif di tatanan dunia baru, mereka harus melihat ke arah transformasi digital. Secara khusus, mereka perlu mengembangkan arsitektur aplikasi lama yang kaku menjadi platform digital yang sangat fleksibel menggunakan teknologi berbasis cloud modern yang beradaptasi dengan cepat untuk kebutuhan bisnis yang berubah dengan cepat.
Banyak dari proses, alur kerja, dan metodologi yang telah digunakan sepanjang awal era Industri 4.0 akan tetap ada dan membantu memandu kita menuju fase pertumbuhan berikutnya. Namun, pada saat yang sama, ini adalah periode di mana kita perlu mencapai tingkat keberlangsungan, kelincahan, dan ketahanan yang baru. Jadi jangan heran jika beberapa elemen industri secara mengejutkan terlacak dengan cepat atau tiba-tiba disimpan dan tidak ditemukan.
KOMENTAR