Selama masa pandemi COVID-19 di tanah air, Smartfren mencatat terjadi peningkatan traffic di berbagai wilayah operasional, dengan kenaikan tertinggi di wilayah-wilayah pemukiman. Guna merespon kenaikan tersebut dan memastikan pelanggan tetap mendapatkan koneksi internet terbaik, Smartfren terus melakukan peningkatan kapasitas, coverage serta optimasi jaringan.
Pada paruh kedua 2020 kenaikan trafik secara nasional tercatat mencapai 24% dibandingkan dengan paruh pertama 2020. Kenaikan trafik terbesar terjadi di Samarinda mencapai 58%, kemudian Semarang mencapai 38% dan Balikpapan mencapai 36%. Guna merespon kenaikan tersebut, Smartfren terus melakukan optimasi jaringan secara nasional. Begitu pula terus dilakukan penambahan kapasitas jaringan yang kini sudah meningkat 29% sekaligus perluasan coverage 4G yang sudah mencapai 21% secara nasional.
“Smartfren pun terus memperluas coverage serta melakukan optimasi jaringan. Sekarang kita sudah mengoptimasi 42% dari keseluruhan network, dan masih terus bertambah. Selain itu kami juga menerapkan berbagai teknologi yang memungkinkan akses internet berkecepatan tinggi,” jelas Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Communications Smartfren.
Saat ini Smartfren telah menerapkan sejumlah teknologi pada seluruh aspek network, yaitu multiple carrier, milimeter wave, small cell, 4x4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, serta 256 QAM. Semuanya berperan dalam memberikan koneksi internet terbaik yang membuat pelanggan mendapat akses berkecepatan tinggi, stabil, serta mencapai 4G+ pada gadget yang mendukung.
Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren mengatakan, “Keunggulan network Smartfren saat ini sudah bisa dirasakan semua orang, apalagi dengan jaringan yang 100% 4G sehingga lebih stabil. Namun pelanggan dengan gadget tertentu yang mendukung teknologi network tersebut bisa mendapatkan manfaat lebih besar. Misalnya pengguna iPhone 11 Pro dan Pro Max, iPhone SE, atau Samsung Galaxy Note 20 yang bisa memaksimalkan kecepatan download up to 540 Mbps.”
Kemudian dari sisi produk, pelanggan juga sudah bisa merasakan inovasi terbaru Smartfren berupa KuotaNonstop dan eSIM Smartfren. Kuota Nonstop unggul dengan fitur kuota utama 24 jam untuk semua aplikasi serta akses internet nonstop setelah kuota utama habis, sedangkan eSIM Smartfren terbaru sudah bisa dipesan secara digital tanpa harus keluar rumah sama sekali.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR