Selama diterapkannya Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), selain terjadi peningkatan pada unduhan online games sebanyak 75% di kuartal pertama 2020 dibanding tahun sebelumnya, transaksi voucher online games yang berlangsung di platform digital juga semakin ramai. Peningkatan ini menjadikan Indonesia menempati peringkat ke-12 di pasar gaming dunia dengan total pemain game aktif sebanyak 62,1 juta orang, dan diprediksi mencapai 100 juta di tahun 2020.
Fenomena ini memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan transaksi digital yang terjadi selama masa pandemi COVID-19, salah satunya penjualan voucher online games dari layanan Payment Point Online Bank (PPOB) milik OttoPay, sebuah aplikasi solusi bisnis digital milik PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, yang berhasil meningkatkan rata-rata transaksinya hingga 10 kali lipat.
Hal ini diungkapkan oleh Tommy Renato selaku Product Business Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur pada acara Virtual Media Session yang digelar hari ini, Senin (23/11).
“OttoPay melihat tren e-sports ini sebagai peluang untuk membantu mitra kami yang sebagian besar UMKM, dalam memanfaatkan fitur PPOB khususnya voucher online games agar dapat meningkatkan pemasukan mereka di masa yang cukup berat ini,” kata Tommy.
Sejak Januari hingga Oktober 2020, kenaikan transaksi dari penjualan voucher online games mencapai 82% atau rata-rata 10 kali lipat. Hingga bulan Oktober, peningkatan mitra aktif terjadi sebanyak 400%, dengan momen paling signifikan pada bulan Mei 2020 yang mencapai 68%.
“Kami melihat trennya masih akan naik karena para developer games juga semakin aktif membuat promo-promo dan kompetisi yang diadakan berbagai pihak juga semakin banyak,” lanjut Tommy.
Dari lonjakan transaksi voucher online games oleh Mitra OttoPay yang tersebar di seluruh Indonesia, tercatat peningkatan paling besar terjadi di lima wilayah, yaitu DKI Jakarta (2.500%), Jawa Timur (1.800%), Sulawesi Selatan (1.300%), Banten (750%), dan Jawa Barat (540%).
Melalui fitur PPOB voucher online games ini, Mitra OttoPay bisa menawarkan voucher untuk Free Fire, Mobile Legend, Ragnarok, AOV, Speed Drifters, dan Battle Grounds. Dari semua games tersebut, Free Fire adalah yang paling banyak diminati dan menguasai lebih 70% dari keseluruhan transaksi voucher games online.
Edukasi bagi Mitra
Dengan aktifnya Mitra OttoPay dalam bertransaksi PPOB selama masa pandemi, OttoPay juga semakin aktif mendampingi mereka agar dapat selalu mengoptimalkan prosesnya. Pendampingan bagi para mitra terutama dilakukan dengan menurunkan tim penjualan yang dapat mengedukasi mitra dalam menjalankan aplikasi, memberikan solusi untuk kendala teknis yang mungkin dihadapi, hingga membantu proses pencairan pendapatan yang tercatat dalam aplikasi.
“Mitra kami sebagian besar adalah pelaku UMKM berbentuk warung yang masih memerlukan banyak edukasi untuk penggunaan teknologi digital. Oleh karena itu, kami senantiasa mendampingi mereka dengan menurunkan tim penjualan untuk berinteraksi langsung. Beberapa pemilik warung juga merasa sangat terbantu untuk hal sederhana, seperti top-up dana pada aplikasi OttoPay mereka, karena ada yang kesulitan untuk meninggalkan warungnya dan melakukan top-up melalui ATM atau toko retail terdekat,” jelas Tommy lagi.
“OttoPay percaya, bahwa masa pandemi bukan penghalang bagi mitra UMKM untuk memperluas bidang usaha. Industri e-sport, games online, dan UMKM nyatanya dapat saling mendukung dan menjadi sebuah solusi di masa pandemi ini. Memanfaatkan tren yang ada ini, OttoPay juga akan terus memperkuat ekosistem UMKM melalui berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para mitra,” pungkas Tommy.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR