Vutura.io, platform pembuatan chatbot tanpa coding, menyelenggarakan kompetisi bertajuk IMPACT Hackathon: Game to the Rescue yang digelar pada 14-23 Desember 2020. Terbuka untuk umum dari segala kalangan, kompetisi ini memperebutkan total hadiah senilai empat puluh lima juta Rupiah. Pada tahun ini, Vutura.io menggandeng ChatAja yang juga didukung oleh UmeetMe, OCA Telkom, dan DILo.
IMPACT merupakan singkatan dari Improving Productivity with AI Communications adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Vutura.io dan didukung oleh Tribe Communication Telkom Indonesia. Acara ini bertujuan untuk membentuk komunitas yang berfokus pada edukasi bidang kecerdasan buatan di Indonesia melalui chatbot sebagai penggerak utama dalam ekosistem platform komunikasi tingkat lanjut.
Rangkaian acara IMPACT Hackathon telah dimulai dengan dibukanya pendaftaran daring 16 November yang lalu melalui portal DILo, dan akan ditutup pada tanggal 11 Desember mendatang. Kemudian peserta akan disuguhi Online Coaching pada tanggal 14-15 Desember tentang dasar-dasar pembuatan bot AI dan platform Vutura.io.
Menargetkan 100 tim peserta (1-3 orang per tim) dari usia pelajar SMA/SMK hingga orang dewasa, IMPACT Hackathon mengalokasikan total hadiah Rp45.000.000,00. Berkat platform pembuatan chatbot tanpa coding dari Vutura.io yang digunakan pada hackathon kali ini, acara ini tidak akan membatasi tingkat keahlian pesertanya. IMPACT Hackathon terbuka bagi para pemula, pembuat bot kelas menengah, hingga praktisi coding ahli sekalipun.
“Platform Vutura.io sebenarnya kami rancang khusus untuk membantu perusahaan, pelaku bisnis, hingga individu untuk dapat membuat chatbot tanpa keahlian coding maupun programming sama sekali,” ungkap Herjuna Dony Anggara Putra, Co-Founder Vutura.io. “Karena itu, kami yakin para peserta awam sekalipun tidak akan kesulitan untuk mengikuti acara ini.”
Dony menambahkan, digunakannya platform Vutura.io diharapkan dapat semakin mendekatkan Vutura.io dengan berbagai kalangan, serta mengkomunikasikan bahwa sebenarnya teknologi chatbot dan AI dapat dibangun sendiri secara code-less (tanpa proses coding) oleh masyarakat melalui platform Vutura.io.
Dengan solusi ini perusahaan, pelaku bisnis, hingga UMKM dapat membuat chatbot mereka sendiri dan menghadirkan layanan pelanggan yang lebih dekat dan selalu tersedia 24/7 hemat biaya yang dapat diintegrasikan di berbagai kanal dan layanan pesan singkat, termasuk salah satunya ChatAja.
Hackathon kali ini menantang para pesertanya untuk mengembangkan gim berbasis teks menggunakan platform Vutura.io dan diintegrasikan pada aplikasi ChatAja. Para peserta diberikan kebebasan untuk membuat gim berbasis teks berbentuk gim petualangan, visual novel, maupun gabungan dari keduanya, dalam genre apapun. Gim berbasis teks dipilih karena selain simpel, jenis gim tersebut tidak membutuhkan kapasitas data yang besar dan aplikasi tambahan, sehingga dapat dengan mudah diakses oleh khalayak umum.
“Sebagai penyedia layanan komunikasi kami menyadari perubahan bentuk komunikasi selama pandemi, dari luring ke daring, yang akhirnya semakin menguatkan dipilihnya tema ini. Kriteria yang akan dinilai adalah orisinalitas, mekanisme gim, dan pengalaman bermain,” tambah Reza.
Nantinya gim-gim pemenang IMPACT Hackathon akan dapat langsung dinikmati oleh lebih dari 650 ribu pengguna ChatAja di seluruh Indonesia. Selain itu para pengguna juga dapat menikmati berbagai fitur andalan ChatAja termasuk di antaranya server berbasis Indonesia yang lebih aman, fitur Cloud Native meringankan beban penyimpanan, fitur pesan terenkripsi ‘Berkas Rahasia’, hingga fitur tab ‘Jelajah’ dengan berbagai kanal berita, gim, layanan konseling, konsultasi karir & kesehatan, dan lain sebagainya.
Pendaftaran IMPACT Hackathon ini tidak dipungut biaya, dan dapat diakses melalui link hackathon.dilo.id, dengan batas akhir pendaftaran pada hari Jumat, 11 Desember 2020. Setiap tim terdiri dari satu hingga tiga orang, dan setiap orang hanya diperbolehkan untuk masuk dalam satu tim. Seluruh acara dilaksanakan secara daring (online), sehingga membuka kesempatan bagi peserta dari seluruh Indonesia.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR