Criteo belum lama ini melaporkan bahwa menurut Seasonal Sales Dashboard-nya, transaksi ritel daring pada tanggal kembar seperti 8.8, 10.10, dan 12.12 makin populer di Indonesia. Berdasarkan data tahun 2019 lalu, penjualan ritel daring pada 10 Oktober, 11 November, dan 12 Desember misalnya, mengalami peningkatan signifikan dibandingkan penjualan ritel daring dari 1 sampai 28 Juni tahun yang sama dirata-ratakan.
Criteo juga menemukan bahwa 12 Desember alias 12.12 yang merupakan HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) sebenarnya adalah yang paling tinggi peningkatannya. Dengan kata lain, di Indonesia, 12 Desember merupakan momen belanja daring terbesar. Sejalan dengan temuan tersebut, 12 Desember 2020 yang akan datang sewajarnya menjadi momen belanja daring terbesar tahun ini di tanah air. Apalagi, penjualan ritel daring pada tanggal kembar sejak 7 Juli 2020 sampai 11 November 2020 telah terbukti meningkat di Indonesia.
“Festival belanja di tanggal kembar (Double Day) terus menjadi momen ritel utama untuk wilayah kami. Khususnya, di Indonesia, di mana kami terus melihat rekor baru dalam penjualan ritel online dan traffic ritel pada tanggal ini, setiap tahun,” ucap Pauline Lemaire (Director of Account Strategy for Large Customers, SEA, Hong Kong and Taiwan). “Mengingat perubahan lanskap dan perkembangan yang terjadi saat ini sebagai akibat dari pandemi, peritel perlu memanfaatkan peluang 12.12 tahun 2020 untuk meraih pelanggan dan mendongkrak penjualan,” tambah Pauline.
Berdasarkan data Criteo, penjualan ritel daring di Indonesia pada 10 Oktober 2019 mengalami peningkatan sebesar 268% dan pada 11 November 2019 mengalami peningkatan sebanyak 196%. Sementara, untuk 12 Desember 2019, peningkatannya adalah 304%. Seperti telah disebutkan, peningkatan itu dibandingkan penjualan ritel daring dari 1 sampai 28 Juni 2019 dirata-ratakan.
Adapun untuk tahun 2020, besarnya peningkatan penjualan ritel daring di Indonesia pada 10 Oktober adalah 199% dan banyaknya peningkatan penjualan ritel daring di Indonesia pada 11 November adalah 274%. Besarnya peningkatan tahun 2020 ini adalah ketika dibandingkan dengan penjualan ritel daring dari 1 sampai 28 Juni 2020 dirata-ratakan.
Tak hanya itu, pada tanggal kembar 7.7, 8.8, dan 9.9 tahun 2020 juga terjadi peningkatan penjualan ritel daring di Indonesia. Namun besarannya tidak setinggi 10.10 dan 11.11. Pada 7 Juli 2020 peningkatan penjualan ritel daring di Indonesia adalah 32%, pada 8 Agustus 2020 peningkatannya adalah 66%, dan pada 9 September kenaikannya adalah 98%.
Di Asia Tenggara sendiri tren yang serupa juga terjadi. Hanya saja, berbeda dengan Indonesia, momen belanja daring terbesar di Asia Tenggara adalah 11 November alias singles day. Di Asia Tenggara, pada 11 November 2019 contohnya terdapat peningkatan penjualan ritel daring sebanyak 447%.
KOMENTAR