Telkomsel kembali mengantisipasi lonjakan trafik jelang libur Natal dan Tahun Baru (NARU). Pada momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Telkomsel memprediksi bahwa akan ada kenaikan trafik sekitar 10,19 persen.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, operator seluler pelat merah ini menyiapkan 69 BTS mobile di sejumlah titik dengan trafik terpadat. Telkomsel bakal mengoptimasi jaringan di 550 titik (point of interest/POI) yang diprediksi akan ramai pelanggan.
Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan jaringan (monitoring) dan memastikan pelanggan tetap terhubung dengan nyaman, terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.
"Kami memastikan bahwa momen akhir tahun tetap spesial untuk masyarakat, khususnya pelanggan kami agar mereka terus saling terhubung melalui pemanfaatan layanan digital yang didukung akses jaringan broadband terkini dan terluas dari Telkomsel," ungkap Setyanto dalam konferensi pers, Senin (14/12/2020).
Pria yang akrab disapa Anto ini mengatakan, terdapat 304 titik dari 550 titik POI akan difokuskan di area residensial, yaitu apartemen dan perumahan yang padat populasi di seluruh Indonesia.
Selain itu, Telkomsel juga akan melakukan optimasi jaringan di 23 titik POI di Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19 di seluruh penjuru Indonesia.
Sementara untuk sektor transportasi, Telkomsel bakal mengamankan 223 titik POI area transportasi utama di setiap provinsi, seperti bandara dan pelabuhan, serta fasilitas umum lainnya.
Telkomsel sendiri saat ini tercatat memiliki sebanyak 223.000 unit BTS di seluruh Indonesia, di mana 25.000 di antaranya adalah BTS 4G baru. Selain itu Telkomsel juga menjalankan drive test atau uji jaringan di beberapa wilayah.
Total jarak tempuh uji jaringan kali ini mencapai 14.008 km, yang mencakup 26 ruas tol di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.
GraPARI tetap beroperasi Telkomsel juga menyediakan layanan konsumen untuk Natal dan Tahun Baru 2021.
Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan bahwa pusat layanan kunjungan pelanggan seperti GraPARI tetap beroperasi normal dengan pembatasan petugas customer service.
"Kami (Telkomsel) mendukung imbauan pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan. Jam operasionalnya (GraPARI) kami batasi menjadi pukul 07:00 pagi hingga 22:00 malam," ujar Ririn.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR