tiket.com melaporkan bahwa kinerja di kuartal pertama 2021 melonjak tajam semenjak pandemi melanda di tahun 2020. Dilaporkan pula bahwa di usia yang ke-10 tahun ini, tiket.com juga mencetak banyak rekor performa di semua lini produk unggulan di dalam aplikasi.
Diantaranya pembelian tiket pesawat pada Q1 2021 meroket setinggi 331%. Booking hotel juga naik tajam di angka 321% dan tiket TO DO juga meraih level popularitas baru dengan angka transaksi sensasional di angka 10.083%. Kemudian, pada Q1 2021 tiket.com juga mencatat pertumbuhan angka user sebesar 299% atau sekitar 3 kali lipat.
Hal ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia menggemari rangkaian fitur baru yang diluncurkan ataupun jajaran promo yang digencarkan. Angka berprestasi ini tidak luput dari kontribusi beberapa kampanye seperti MTM (Malu Tanggal Muda) dan kampanye tanggal merah yang masih menjadi favorit masyarakat.
Berdasarkan data yang dihimpun, pesta diskon tahunan tiket.com Mendadak OTW (Online Tiket Week) yang digelar pada tanggal 5 – 11 April lalu berhasil memberikan push tambahan di awal Q2 2021. Dimana kontribusi kampanye Mendadak OTW mendorong angka pembelian tiket pesawat sebesar 81%, booking hotel sebesar 131%, dan tiket TO DO sebesar 75%.
Ragam prestasi yang berhasil dicetak secara khusus oleh Mendadak OTW diantaranya adalah; prestasi booking hotel harian yang lebih tinggi sejak Januari 2020 (level pra-pandemi), rasio booking hotel harian di Jakarta capai titik tertinggi sejak tahun 2019. Sedangkan, untuk pembelian tiket ke ke 5 TOP destinasi, prestasi Mendadak OTW sejajar dengan kampanye OTW LOKAL yang digelar di akhir tahun 2020.
Mendadak OTW menjadi salah satu langkah jitu dalam mendorong angka booking hotel di destinasi TOP seperti Bali dan Yogyakarta walaupun sedang low season dan dalam kondisi pandemi. Kemudian, fitur tiket TO DO pun menjadi primadona pada Q1 2021, karena menjawab kebutuhan pelanggan untuk mengunjungi tempat atraksi dan playground bagi keluarga, serta kebutuhan pelengkap perjalanan (travel essentials) tes Covid-19.
Sejak awal tahun, tiket.com bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendorong popularitas sekaligus mengajak masyarakat untuk berwisata yang patuh protokol kesehatan ke destinasi super prioritas.
Dari catatan tiket.com, TOP 5 destinasi domestik pada Q1 2021 berdasarkan penjualan hotel pada saat Mendadak OTW adalah Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta, sedangkan untuk tiket pesawat, sedangkan, TOP 5 destinasi favorit adalah Surabaya, Medan, Makassar, Bali dan Yogyakarta.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR