Jenius, solusi finansial untuk masyarakat melek digital (digital savvy) dari Bank BTPN, meluncurkan program Month of Women.
Terinspirasi dari International Women’s Day dan Hari Kartini, Jenius ingin mengajak perempuan Indonesia untuk mewujudkan impian dan tujuan dalam hidup, karir, bisnis, dan keuangan mereka. Jenius juga mengapresiasi cara unik perempuan Indonesia dalam beradaptasi menjalani hidup dan mengelola keuangan selama pandemi.
Anita Ekasari (Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN) melalui diskusi virtual, Selasa (27/4/2021) menjelaskan, melalui program Month of Women, pihaknya ingin lebih banyak mendengar kisah-kisah inspiratif, sekaligus menyebarkan semangat ini kepada lebih banyak perempuan Indonesia agar dapat membangun support system untuk terus bertumbuh bersama.
Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan oleh Jenius yang diikuti oleh 4.354 responden, ditemukan bahwa 93% mengakui penting bagi perempuan untuk memiliki penghasilan sendiri, serta 94% responden juga setuju jika perempuan dapat meneruskan karir dan mewujudkan impiannya setelah menikah.
Bagi mereka yang telah menikah, sebanyak 60% juga setuju jika keuangan keluarga dikelola oleh perempuan. Lebih lanjut lagi, berdasarkan Jenius Study yang bertajuk Adaptasi Masyarakat Digital Savvy Selama Pandemi yang melibatkan 278 responden perempuan berusia 26-40 tahun, terungkap lima topik yang paling banyak dicari selama pandemi adalah investasi (26%), COVID-19 (22%), financial planning (12%), memasak (11%), dan bisnis (11%).
“Mereka juga memiliki caranya masing-masing untuk beradaptasi dan tetap bahagia di tengah pandemi. Karenanya, Jenius ingin menghadirkan berbagai inovasi yang memungkinkan untuk digunakan sesuai kebutuhan hidup mereka, atau #LakukanDenganCaramu,” jelas Anita.
Jenius mendapatkan kisah inspiratif dalam menemukan cara-cara untuk beradaptasi dan terus mengembangkan diri dari dua orang teman Jenius, yaitu Maureen Hitipeuw, Founder Single Moms Indonesia (@singlemomsindonesia) dan Tiara, Founder Lenthick (@Lenthick).
Sebelum pandemi, komunitas Single Moms Indonesia (SMI) memiliki berbagai program rutin di beberapa kota berupa sharing session, talkshow, dan pelatihan dasar untuk membantu ibu tunggal agar bisa memiliki skill tambahan yang digunakan sebagai sumber penghasilan.
Sebagai salah satu teman Jenius, Maureen juga membagikan bagaimana Jenius dapat membantu dirinya dalam mengelola finansial komunitas Single Moms Indonesia.
“Seluruh komunikasi dan program yang dilaksanakan secara online, membuat kami harus berlangganan beberapa platform digital untuk bisa tetap terhubung dengan anggota. Kartu Debit Jenius Visa sangat membantu kami dalam berlangganan platform digital tersebut dengan lebih simpel dan aman,” ungkap Maureen.
Sementara itu, kisah inspiratif berikutnya adalah perjalanan Tiara yang memulai usaha produk self care berlabel Lenthick pada 2020 dengan slogan “self love better”. Usahanya ini ditujukan untuk mengajak masyarakat tampil lebih baik dimulai dengan mencintai diri sendiri.
Dalam mengelola keuangan bisnisnya, Tiara merasa sangat terbantu dengan solusi dari Jenius, yaitu Jenius untuk Bisnis yang terdiri dari Akun bisnis Jenius dan Bisniskit.
“Akun bisnis Jenius membantu saya dalam memisahkan keuangan pribadi dan bisnis dalam satu aplikasi. Proses pembukaan akunnya sangat mudah dan cepat. Sementara aplikasi Bisniskit membantu saya untuk mencatat inventori produk dan pembelian yang tidak melalui e-commerce, atau membeli langsung,” papar Tiara.
Bisniskit dapat memberikan tanda terima (struk) kepada konsumen sebagai bukti transaksi. Hasil penjualan secara otomatis tercatat dalam BisnisKit. Pemasukan langsung tercatat juga ke rekening bisnis Jenius sehingga memudahkan dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran bisnis.
Melalui program Month of Women ini, Jenius berharap dapat membantu perempuan Indonesia lainnya untuk menemukan cara mereka dengan saling menginspirasi dan mendukung.
Penulis | : | Indah PM |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR